Program Pendidikan Dokter

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) adalah fakultas kedokteran tertua dan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. FKUI meraih akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2014. FKUI memiliki komitmen kuat untuk menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan kedokteran dengan menyelenggarakan pendidikan bertaraf internasional yang berbasis kompetensi sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Rencana strategis secara terarah dan sistematis memandu FKUI untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan, serta memperbaiki sistem manajemen pendidikan.

Mahasiswa FKUI datang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari negara lain. Keragaman mahasiswa tersebut memberi tanggung jawab lebih kepada FKUI untuk dapat menyelenggarakan suatu pendidikan kedokteran yang membekali lulusan dengan pengetahuan menyeluruh tentang kedokteran dan kesehatan dengan biaya yang efisien sehingga dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

 

Visi, Misi, Tujuan Program Studi Pendidikan Dokter FKUI:

“Menghasilkan dokter dengan wawasan dan kualitas global, mampu menjadi agen perubahan (agent of change) serta beretika tinggi, melalui pengalaman istimewa (infinite experience) dalam kerangka Sistem Akademik Kesehatan (Academic Health System/AHS) pada tahun 2019.”
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menjunjung tinggi etika dan profesionalisme dan mampu menghasilkan lulusan dokter berkualitas yang mampu beradaptasi dan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional, mampu memberikan pelayanan kesehatan paripurna, bermutu dan terjangkau oleh lapisan masyarakat, dan menerapkan pembelajaran sepanjang hayat dan evidence-based practice untuk menjamin kualitas dan keselamatan pasien.
  2. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang menghasilkan lulusan terbaik dengan menyediakan akses yang luas dan adil serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas serta melalui pelaksanaan penelitian kedokteran dan pendidikan kedokteran sesuai kualifikasi mahasiswa tahap akademik dan profesi dengan benchmarking nasional dan internasional, dengan upaya memperkenalkan penelitian lintas disiplin yang bertujuan menyelesaikan masalah kesehatan, dalam lingkungan akademis yang sehat.
  3. Menciptakan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi pekerti luhur dan mampu bersaing secara global dan mampu berperan aktif sebagai agen perubahan serta mampu bekerjasama lintas disiplin dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, penelitian dan pendidikan bidang kedokteran.
  4. Melakukan kerja sama dengan pemerintah/unit terkait dalam bidang pendidikan, pelayanan, penelitian, dan pengabdian masyarakat
  5. Menyelenggarakan tatakelola organisasi program studi kedokteran yang terintegrasi, efektif, efisien, dan akuntabel, sehingga terwujud sistem finansial serta manajemen yang handal
Program Studi Pendidikan Dokter FKUI bertujuan untuk menghasilkan lulusan Dokter FKUI yang memiliki berbagai domain kompetensi utama sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia : profesionalitas luhur, mawas diri dan pengembangan diri, komunikasi efektif, literasi teknologi informasi dan digital, literasi sains/landasan ilmiah, keterampilan klinis, pengelolaan masalah kesehatan; dan kompetensi pendukung: riset, pengelolaan kegawatdaruratan dan manajemen pelayanan kesehatan, dan diharapkan memenuhi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia level 7.   Program Studi Pendidikan Dokter FKUI bertujuan untuk menghasilkan lulusan Dokter FKUI dengan:
  1. Kemampuan untuk belajar sepanjang hayat sehingga mampu berperan serta dalam pengembangan ilmu kedokteran dan teknologi, menerapkan dan mengembangkannya dalam praktik sehari-hari sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan senantiasa kreatif inovatif dalam merumuskan pemecahan masalah yang mempertimbangkan konteks kesehatan lokal, regional dan global.
  2. Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan baik masalah kesehatan individu, keluarga dan komunitas, menganalisis dan mengatasinya secara efektif, efisien, berbudaya dan penuh perikemanusiaan dan mempertimbangkan sistem pelayanan kesehatan.
  3. Berperilaku profesional dalam berbagai lingkungan kerja, senantiasa mempunya komitmen tinggi untuk melakukan tugas-tugas profesinya secara penuh tanggung jawab, mengedepankan prinsip-prinsip etika kedokteran, budaya, kolegialitas, dan peka terhadap masalah kesehatan masyarakat yang beraneka ragam.

Kurikulum dan Kompetensi Tahapan Pendidikan Biaya Pendidikan Beasiswa Unduh Brosur

 

Sasaran Program Studi Strategi Pencapaian Program Studi
Mempertahankan peringkat akreditasi unggul dari lembaga akreditasi nasional dan meningkatkan peringkat akreditasi internasional. Mempertahankan peringkat akreditasi terbaik dari Lembaga Akreditasi Nasional yaitu LAM PTKes dan meningkatkan peringkat akreditasi dari lembaga akreditasi internasional
Meningkatnya budaya dan kualitas riset dan inovasi tepat guna. Mengembangkan kurikulum yang memberikan pembekalan kemampuan riset, inovasi dan evidence-based practice
Mengembangkan dan mengintegrasikan kegiatan kemahasiswaan yang menunjang peningkatan kesempatan riset.
Meningkatnya daya saing lulusan. Mengembangkan dan menerapkan asesmen yang sistematis di setiap tahap pendidikan dengan benchmark di tingkat nasional dan internasional yang menunjang keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti ujian tahap/ujian akhir di tingkat nasional.
Mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi dengan rumusan kompetensi sesuai standar nasional dan mempertimbangkan kebutuhan masa depan di tingkat lokal, regional dan internasional.
Memberikan kesempatan dan memfasilitasi keikutsertaan mahasiswa dalam student exchange di tingkat internasional dan partisipasi dalam konferensi dan/atau kegiatan ilmiah di tingkat nasional dan internasional.
Memutakhirkan kemampuan mahasiswa melalui penelusuran alumni dan masukan dari pengguna lulusan.
Penerapan pengelolaan program studi yang baik dan akuntabel. Merumuskan rencana strategis program studi yang diterjemahkan dalam rencana kerja tahunan program studi.
Melakukan evaluasi pengelolaan program studi secara berkala
Melaksanakan pelatihan atau kegiatan pembekalan pengelolaan modul terintegrasi untuk tim modul dan merumuskan sistem regenerasi tim modul.
Menyusun Buku Rancangan Pengajaran tiap modul yang dievaluasi oleh unit terkait

 

Sasaran Program Studi Strategi Pencapaian Program Studi
Mengembangkan kemampuan staf pengajar dengan kompetensi komprehensif yang unggul dengan pendekatan integratif dan interdisipliner yang mampu mendukung pelaksanaan kurikulum dan pemenuhan tujuan program studi. Melaksanakan pelatihan/seminar/workshop sesuai dengan program pengembangan kemampuan staf pengajar FKUI yang sesuai dengan kebutuhan implementasi kurikulum program studi.
Meningkatkan keikutsertaan staf pengajar dalam seminar/pelatihan penyegaran staf pengajar untuk peningkatan kualitas pengembangan dan implementasi kurikulum program studi.
Melaksanakan pelatihan/seminar/workshop atau mengikutsertakan staf pengajar dalam program pelatihan tentang pemanfaatan teknologi, riset dan inovasi.
Terkait erat dengan kebijakan fakultas, meningkatkan kualifikasi jabatan fungsional dosen yang terlibat dalam Program Studi Pendidikan Dokter.
Merekrut dan mempertahankan mahasiswa terbaik untuk program pendidikan dokter FKUI dan meningkatkan kualitas lulusan. Mengembangkan dan menerapkan sistem seleksi atau identifikasi dini kemampuan intelektual, motivasi dan atribut non-kognitif mahasiswa yang menunjang pencapaian kompetensi mahasiswa secara menyeluruh.
Memantau perkembangan pencapaian performa akademik mahasiswa dan memberikan dukungan yang diperlukan.
Meningkatkan jumlah peserta didik berkualitas dari seluruh Indonesia melalui pendekatan afirmasi
Pengembangan sarana penunjang pendidikan yang berkualitas dalam upaya mewujudkan layanan prima yang efektif dan efisien dan mendukung kesehatan jasmani rohani. Mengadakan ruang kerja dan/atau akses internet yang diperuntukkan bagi mahasiswa.
Meningkatkan kualitas jaringan internet di lokasi pendidikan (di kampus dan RS/wahana pendidikan)
Menambah koleksi bahan pustaka dan akses e-journal di perpustakaan FKUI.
Mengembangkan sarana untuk mahasiswa dan/atau staf pengajar dengan akses makanan sehat dan tempat diskusi formal dan informal yang nyaman.
Memanfaatkan dan mengembangkan teknologi dan inovasi dalam pembelajaran.
Menanamkan integritas, budaya beretika, dan pengembangan Menanamkan budaya beretika sejak awal masuk menjadi peserta didik melalui sosialisasi tata krama sebagai sivitas akademika FKUL
Melaksanakan kurikulum dan menciptakan suasana akademis yang mendukung pengembangan humanisme profesionalisme peserta didik.

 

Sasaran Program Studi Strategi Pencapaian Program Studi
chumanisme-profesionalisme kepada peserta didik. Mencegah terjadinya pelanggaran terhadap etika dan tata tertib penyelenggaraan pendidikan.
Mengembangkan kolaborasi dan kemitraan melalui kerjasama dalam negeri dan luar negeri, RS pendidikan dan wahana pendidikan mitra, Academic Health System Universitas Indonesia dan alumni. Mengidentifikasi peran mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan pelayanan kesehatan di RS pendidikan utama, jejaring dan wahana pendidikan. Memperkuat kolaborasi dan kemitraan dengan RS pendidikan utama, jejaring dan wahana pendidikan
Memperkuat jejaring alumni sebagai sarana pertukaran informasi dan pengembangan diri alumni.
Memelihara dan meningkatkan kerjasama dengan institusi nasional Meningkatkan kerjasama dengan Institusi dalam dan luar negeri dalam penyelenggaraan program pendidikan
dan internasional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat Meningkatkan jumlah kerjasama dan kolaborasi penelitian/pengabdian masyarakat dengan institusi di dalam dan luar negeri
Memperkokoh landasan sumber daya manusia pada etika, berorientasi kinerja, integritas, profesionalisme dan kepedulian Terwujudnya sistem tata kelola dan penjaminan mutu manajemen di level Program Studi
Meningkatkan kapasitas staf kependidikan melalui pelatihan manajemen perkantoran serta mengusulkan tugas belajar untuk staf kependidikan yang berkinerja sangat baik
Terwujudnya kepuasan peserta didik, staf, dan pengguna alumni terhadap kinerja program studi