Tingkatkan Kompetensi Dokter Paru Indonesia, FKUI Jalin Kerja Sama dengan RSUP Persahabatan, PDPI, dan AIR Pneumo

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) jalin kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, The Asian Intensive Reader of Pneumoconiosis Project (AIR Pneumo), dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI). Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dilakukan pada Selasa 31 Januari 2023 di RSUP Persahabatan, Rawamangun, Jakarta.

Ruang lingkup kerja sama meliputi pengadaan pelatihan, pengembangan sumber daya manusia, dan penelitian di bidang akademik dan kesehatan respirasi.

The Asian Intensive Reader of Pneumoconiosis Project (AIR Pneumo) adalah sebuah proyek besar di bidang kedokteran kerja dan lingkungan yang berpusat di Jepang. Proyek ini bertujuan meningkatkan keterampilan dokter dalam menerapkan ILO International Classification of Radiographs of Pneumoconioses serta program eliminasi silikosis atau ILO/WHO Global Program for Elimination of Silicosis (GPES).

Kerja sama yang terjalin antara empat institusi ini diharapkan dapat memberikan dampak yang sangat baik dalam peningkatan kompetensi dokter paru di Indonesia.