Tingginya Kebutuhan Dokter Spesialis di Indonesia Timur, FKUI Tawarkan Kerja Sama dalam Bidang Pendidikan

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB melakukan kunjungan kerja ke beberapa Fakultas Kedokteran (FK) yang berada di Indonesia timur, yaitu FK Universitas Pattimura di Ambon, Maluku dan FK Universitas Cendrawasih di Jayapura, Papua.

Kunjungan kerja yang berlangsung pada tanggal 31 Agustus hingga 3 September 2022 tersebut menjajaki peluang kerja sama dalam bidang pendidikan dan pengembangan pelayanan kesehatan di Indonesia timur. Melalui kunjungan tersebut diharapkan lahir kerja sama antara FKUI dengan FK-FK yang berada di kawasan Indonesia timur sehingga terciptanya pelayanan kesehatan paripurna yang mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Dekan FKUI berfoto bersama Dekan FK Uncen dr. Trajanus Laurens Jembise, Sp.B

Masih tingginya kebutuhan akan dokter spesialis di kawasan Indonesia timur menjadi salah satu topik diskusi utama dalam kunjungan kerja kali ini. FKUI berkomitmen untuk turut menyukseskan program pemerintah yang tercantum dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Mendikbudristek RI dan Menkes RI tentang Sistem Kesehatan Akademik atau Academic Health System (AHS).

Universitas Indonesia, dalam hal ini FKUI tetap konsisten untuk mendukung dan menunjang potensi mitra fakultas kedokteran dan rumah sakit jejaring dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan kesehatan. Visi ini tentunya sejalan dengan model AHS yang diusung untuk menciptakan kolaborasi terintegrasi dalam bidang kesehatan.

Turut mendampingi Dekan FKUI dalam kunjungan tersebut, Dr. dr. Irfan Wahyudi, Sp.U(K) sebagai Ketua Departemen Urologi FKUI-RSCM dan Prof. dr. Ponco Birowo, Sp.U(K), Ph.D sebagai Ketua Program Studi Spesialis-1 Urologi FKUI. Program studi urologi sendiri akan segera mengimplementasikan rencana kerja sama dengan beberapa rumah sakit di Indonesia timur, antara lain RS Siloam Ambon, RS Leimena Ambon, dan RS Siloam Kupang.

Dekan FKUI bertemu para Alumni FKUI di Ambon, Maluku.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Dekan FKUI juga berkesempatan untuk menyapa beberapa dokter umum dan spesialis alumni FKUI yang sedang bertugas di sana. Kepada para alumni, Prof. Ari berpesan, “Tetap semangat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di tengah keterbatasan yang ada. Saya pribadi mewakili FKUI sangat senang dan bangga atas keberadaan rekan-rekan sejawat di sini. Saya harap teman-teman mampu menjaga nama baik FKUI dan terus mengamalkan nilai-nilai yang pernah ditanamkan selama menempuh pendidikan dulu. Semoga pengabdian ini dapat menjadi bentuk kontribusi teman-teman untuk terus menebar kebaikan demi peningkatan taraf kesehatan masyarakat khususnya di kawasan timur Indonesia.”

(Humas FKUI)