Tim Mahasiswa FKUI Juara 3 Kompetisi Fisiologi Tingkat Internasional

Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) berhasil harumkan nama Indonesia setelah meraih peringkat ke-3 kompetisi Physiology Quiz in Japan 2023 yang berlangsung secara daring pada Minggu 26 Maret 2023. Kompetisi fisiologi tingkat internasional ini diadakan oleh International University of Health and Welfare, Jepang.

Para mahasiswa FKUI tergabung dalam tim bernama “Royale”, yang terdiri dari Nadine Aurelie (FKUI 2019), Benedictus Ansell (FKUI 2019), Shakira Amirah (FKUI 2020), Eric Ferdinand (FKUI 2019), dan Teresa Isabela (FKUI 2020). Mereka unggul dari 159 tim peserta lainnya yang berasal dari berbagai universitas di dunia. Peringkat 1 pada kompetisi ini diraih bersama dengan jumlah poin yang sama oleh tim dari Tohoku University, Jepang, dan tim dari Ljubljana University, Slovenia.

“Kami sangat senang dan bangga dapat mencapai prestasi gemilang di ajang kompetisi ini yang bertaraf internasional. Apalagi, kami diberikan kesempatan untuk mewakili FKUI dan bertanding bersama-sama dengan universitas-universitas terkemuka lain yang tersebar di mancanegara,” tutur Nadine Aurelie mewakili teman-temannya.

Lebih lanjut Nadine mengatakan bahwa selama masa persiapan mereka banyak belajar dari berbagai buku dan soal latihan fisiologi. Selain itu menurut Nadine, klub fisiologi FKUI juga turut membantu dalam menghadirkan narasumber-narasumber terkemuka dari Departemen Fisiologi dan Biofosika Kedokteran FKUI dan beberapa mahasiswa yang pada tahun-tahun sebelumnya telah mengikuti berbagai lomba fisiologi dan mendalami materi fisiologi.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih, khususnya kepada Prof. Dr. dr. Dewi Irawati Soeria Santoso, MS; dr. Imelda Rosalyn Sianipar, M.Biomed, Ph.D; dr. Roman, Ph.D; dan Dr. dr. Trinovita Andraini, M.Biomed, serta seluruh staff Departemen Fisiologi dan Biofosika Kedokteran FKUI dan anggota Klub Fisiologi FKUI yang telah menyempatkan waktu untuk memberikan bimbingan kepada kami. Tidak lupa juga, kami berterima kasih kepada Departemen Pendidikan dan Profesi BEM IKM FKUI yang telah turut membantu memfasilitasi persiapan PQJ 2023 untuk seluruh tim delegasi FKUI,” ucap Nadine.

Physiology Quiz in Japan adalah kompetisi kuis bidang fisiologi yang sudah berlangsung sejak tahun 2016. Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa kedokteran dan kesehatan jenjang sarjana dari seluruh dunia. Setiap tim yang berpartisipasi, terdiri dari 2 sampai 5 orang anggota.

Tahapan kompetisi terdiri dari babak penyisihan, semifinal, dan final. Setiap tim menjalani babak penyisihan dengan mengerjakan soal pilihan ganda melalui platform AHA Slides. Dari seluruh tim yang turut berkompetisi, sebanyak 30 tim dengan nilai babak penyisihan tertinggi melanjutkan kompetisi ke babak semifinal dengan mekanisme pengerjaan soal yang sama. Tujuh tim terbaik kemudian masuk ke babak final, sedangkan yang belum lolos ikut revival round untuk memperebutkan satu posisi di final. Pada babak final, setiap tim mengerjakan soal dengan menggunakan fitur chat pada aplikasi Zoom, dimana pemenang kompetisi ditentukan dari urutan nilai tertinggi.

“Lebih banyak hal yang harus dipertaruhkan untuk mempertahankan posisi atas pada tahap final. Berbeda dengan tahap sebelumnya, babak final lebih rumit karena mengharuskan kami untuk menjawab pertanyaan dalam bentuk jawaban singkat. Diperlukan konsentrasi yang tinggi dan analisis yang benar untuk dapat menjawab soal hitungan dan cerita secara tepat. Bersyukur, kerja keras kami terbayar dengan hasil manis pada akhirnya,” kata Nadine.

Sementara itu dosen pembimbing tim Dr. dr. Roman Ardian Goenarjo, M.Biomed mengungkapkan rasa senang dan bangganya atas prestasi yang berhasil dicapai oleh delegasi mahasiswa FKUI. “Selamat kepada delegasi FKUI! Sebagai tim pembimbing kami tentu senang dan bangga atas prestasi para mahasiswa yang telah membawa dan mengharumkan nama FKUI di ajang kompetisi internasional PQJ 2023 ini. Terima kasih dan selamat juga patut diberikan kepada para dosen pembimbing dan alumni, serta dukungan yang luar biasa dari BEM FKUI dan pihak Fakultas serta semua pihak yang terlibat. Semoga FKUI dapat terus berprestasi di masa depan.”

Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB turut mengapresiasi prestasi para mahasiswa tersebut, “Selamat kepada tim FKUI yang berhasil meraih juara 3 dalam kompetisi PQJ 2023 ini. Keberhasilan ini tidak hanya menjadi kebanggaan FKUI namun juga bagi bangsa dan negara Indonesia yang berprestasi di kancah internasional. Terima kasih juga kepada para pembimbing yang telah berupaya dalam persiapannya. Sekali lagi, selamat dan terima kasih atas dedikasi Nadine dan kawan-kawan. Saya berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa lainnya untuk terus mengembangkan potensi dalam bidang ilmu kedokteran. Semoga prestasi ini dapat menjadi awal dari kesuksesan yang lebih besar di masa depan,” tutur Prof. Ari.

(Humas FKUI)