Sosialisasi Pemanfaatan Ruang Guru Besar RIK UI

Sosialisasi Pemakaian Ruangan Guru Besar(1)Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K) menyampaikan presentasi yang berjudul “Academic Health System (AHS) sebagai Tantangan Pengembangan Profesi Rumpun Ilmu Kesehatan” pada kegiatan  “Sosialisasi Pemanfaatan Ruang Guru Besar Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK)” yang berlangsung hari Kamis (10/9) lalu, bertempat di Gedung RIK, Kampus UI Depok.

Dalam pemaparannya, Dekan FKUI menjelaskan perencanaan besar mengenai Academic Health System (AHS) yang akan dijalankan dan diharapkan dapat meningkatkan mutu dari proses pendidikan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sebagai usaha untuk menyukseskan program AHS tersebut, FKUI mengajak seluruh fakultas yang tergabung dalam RIK untuk turut berperan serta dan saling terintegrasi memaksimalkan sumber daya yang dimiliki. Salah satunya adalah sumber daya berupa kepakaran dari para Guru Besar di lingkungan RIK UI.

Selain Dekan FKUI, hadir pula Prof. Dr. dr. Adik wibowo, MPH, Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat UI sebagai pembicara yang memberikan presentasi dengan judul “Peran Guru Besar sebagai Panutan Pengembangan Karakter Mahasiswa Rumpun Ilmu Kesehatan”. Dalam presentasinya Prof. Adik menyampaikan bahwa Guru Besar di lingkungan UI mengemban misi yang besar dan mulia. Guru Besar atau yang biasa disebut Professor merupakan sosok panutan dalam pengembangan keilmuan, pengayom, dan penjaga etika juga perilaku dari sivitas akademika UI. Oleh karena itu, Guru Besar haruslah berperilaku layaknya Guru Besar. Lebih jauh Prof. Adik menjelaskan bahwa Guru Besar wajib mengembangkan keilmuan dengan senantiasa meningkatkan produktivitasnya, seperti menulis buku, menerbitkan jurnal ilmiah, mengembangkan dan memperkaya konsep serta teori keilmuan dan turut aktif dalam kegiatan pembangunan kesehatan lokal dan global.

Diakhir presentasinya, Prof. Adik menyampaikan bahwa Guru Besar harus lebih sering bersilaturahmi baik dalam bentuk formal maupun informal, misalnya dengan cara menggelar kuliah bersama 5 fakultas atau dengan bergilir mengadakan pertemuan membahas berbagai topik ilmiah maupun non-ilmiah.

Kegiatan sosialisasi pemanfaatan ruang Guru Besar RIK ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Dewan Guru Besar FKUI Prof. dr. Rainy Umbas, SpU(K) dan dihadiri oleh para Guru Besar fakultas yang tergabung dalam Rumpun Ilmu Kesehatan, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Ilmu Keperawatan. Sementara itu, keseluruhan rangkaian acara hingga diskusi, dimoderatori oleh Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo, SpPD-KEMD(K).

Gedung RIK UI kini memiliki Ruang Guru Besar terintegrasi yang dapat digunakan oleh para Guru Besar dilingkungan RIK. Ruangan yang terletak di Lantai 4, Gedung B dan E RIK UI ini dapat dimanfaatkan oleh para Guru Besar untuk berbagai kegiatan profesinya. (Mel/Die)