Poster Penelitian Meta Analisis Mahasiswa FKUI Raih Penghargaan Best Poster di United Kingdom

Karya ilmiah tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) berhasil meraih penghargaan Best Poster pada ajang Cambridge Neurological Society 12th Annual National Symposium yang diselenggarakan oleh University of Cambridge, United Kingdom (UK), tanggal 1 April 2023.

Presentasi poster dilakukan oleh Shuffa Chilla Mayhana, Nayla Kinanti Putri Wisnu, dan Valerie Josephine Dirjayanto yang mewakili seluruh anggota tim mahasiswa FKUI yang terdiri dari William Kuswandi; Febriyan Nanda Satria; Jasmine Virginia Anjani; Tazkiya Purwati Ariviani; Aureilia Calista Zahra; Tsaniya Meidini Tahsya; dan Shafira Meutia Nadhifa.

Poster ilmiah tersebut berjudul ”Effectiveness of Vestibular Rehabilitation in Traumatic Brain Injury: a Meta-Analysis of Clinical Studies”, sebuah studi yang disusun bersama oleh para mahasiswa FKUI Kelas Internasional Angkatan 2019 yang sedang menempuh pendidikan program Master of Research di Newcastle University, UK, sebagai bagian dari rangkaian proses perkuliahan mahasiswa Kelas Internasional di FKUI.

Melalui presentasi posternya, tim mahasiswa FKUI menjelaskan bahwa Traumatic Brain Injury (TBI) atau cedera otak traumatik adalah jenis cedera neurologis yang berkontribusi secara signifikan terhadap beban kesehatan global dan kecacatan yang menyebabkan kematian. Perubahan perilaku, kognitif dan fisik, penurunan perhatian, dan psikologis adalah beberapa efek jangka panjang dari TBI. Sementara itu, Vestibular Rehabilitation (VR) dijelaskan sebagai jenis rehabilitasi yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas dan mengembalikan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang dapat meningkatkan kualitas hidup pasien.

Nayla Kinanti Putri Wisnu mengatakan bahwa meskipun gejala vestibuler sering ditemukan pada pasien TBI, rehabilitasi vestibuler masih belum pernah dikaji secara klinis. “Kami melakukan meta-analisis ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari 8 studi dengan harapan menciptakan bukti yang lebih kuat dan membantu  untuk menentukan efektivitas VR dalam menangani TBI,” jelas Nayla.

Lebih lanjut Nayla mengatakan bahwa hasil penelitian yang dilakukan oleh tim mahasiswa FKUI menunjukkan efek rehabilitasi VR dapat secara signifikan menurunkan gejala post-concussion, mengurangi dampak gejala pusing dalam kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan keseimbangan pasien TBI.

Menyikapi capaian ini, anggota tim lainnya Valerie Josephine Dirjayanto mengungkapkan rasa senang dan bersyukur atas prestasi yang berhasil diraih. “Saya sangat bersyukur kepada Tuhan atas kesempatan untuk melakukan riset-riset ini bersama dengan teman-teman dari FKUI. Merepresentasikan hasil studi ini dalam kancah internasional merupakan kesempatan yang berharga untuk selangkah lebih dekat untuk berdampak pada pelayanan yang akan diterima oleh pasien kami nantinya,” tutur Valerie.

(Humas FKUI)