Perpustakaan FKUI Perpanjang Waktu Pelayanan

Guna meningkatkan pelayanan kepada pengunjung, Perpustakaan FKUI memperpanjang waktu pelayanannya. Terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2023, para pengunjung dapat mengakses layanan di Perpustakaan FKUI setiap hari Senin sampai dengan Jumat mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 19.00 WIB.

Koordinator Perpustakaan FKUI Muhammad Jevi Rian Aipasha, M.Hum mengatakan, “Kini kita buka lebih lama, dari sebelumnya hingga pukul 16.00 setiap hari kerja, menjadi pukul 19.00. Mahasiswa, PPDS, dosen, peneliti, maupun tenaga kependidikan dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di Perpustakaan FKUI lebih lama.”

Jevi menambahkan bahwa perpanjangan waktu pelayanan ini juga merupakan masukan dari pengunjung melalui survei kualitas layanan di Perpustakaan FKUI pada tahun 2022.

“Mahasiswa dan PPDS memberi masukan untuk memperpanjang jam layanan hingga malam. Terlebih lagi, untuk PPDS lebih sering berkunjung ke Perpustakaan FKUI setelah pukul 16.00 sehabis jaga atau belajar di poli klinik RSCM. Selain itu, kita melihat juga dinamika layanan yang ada di UPT Perpustakaan UI yang membuka perpanjangan layanan untuk mahasiswa yang ada di Depok. Saya rasa ini menjadi dasar untuk mempertimbangkan membuka layanan lebih lama,” ucap Jevi.

Setiap pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Perpustakaan FKUI seperti komputer yang dapat digunakan untuk melakukan penelusuran koleksi maupun jurnal, area diskusi dengan fasilitas LCD dan screen proyektor, mesin peminjaman otomatis (self-checkout) dan pengembalian buku secara mandiri (bookdrop), loker atau lemari penyimpanan, dan Hotspot UI atau akses internet untuk mengakses metadata koleksi tercetak dan digital milik Perpustakaan FKUI.

“Selain itu kita siapkan juga layanan pendampingan dan penelusuran informasi secara langsung oleh pustakawan FKUI dan support lainnya yang tidak bisa dilaksanakan secara online atau remote,” Jevi menjelaskan.

Perpanjang jam layanan Perpustakaan FKUI dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga FKUI, UI, dan bahkan masyarakat umum, termasuk mahasiwa non-UI/FKUI, dengan mengikuti aturan berkunjung yang berlaku. Untuk katalog online Perpustakaan FKUI dapat diakses melalui situs web https://library.fk.ui.ac.id

(Humas FKUI)