Open House FKUI 2015

UntitleDDDd-1 copy
Seorang mahasiswa FKUI sedang berbagi pengetahuan dan pengalamannya kepada peserta Open house FKUI 2015

Sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan seluk-beluk dunia perkuliahan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) kepada para calon mahasiswa dan orang tua calon mahasiswa, FKUI melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IKM FKUI mengadakan kegiatan Open House FKUI 2015 yang diselenggarakan pada hari Sabtu (4/10) dan Minggu (5/10), bertempat di kampus FKUI Salemba, Jakarta dan Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) UI Depok.

Rangkaian acara Open House FKUI 2015 yang diikuti oleh lebih dari 1.200 peserta ini mengambil tema One Step Ahead dan diselenggarakan dengan maksud untuk mengenalkan suasana belajar mengajar di FKUI, termasuk penjelasan berbagai informasi tentang proses-proses yang harus dilalui seseorang apabila ingin berkuliah di FKUI. Seperti informasi proses pendaftaran, proses seleksi, hingga proses pengajuan beasiswa dan juga informasi tentang berbagai beasiswa yang bisa didapatkan oleh seorang mahasiswa FKUI.

Hari pertama kegiatan dipusatkan di kampus FKUI Salemba, Jakarta. Rangkaian acara hari pertama diisi dengan pengenalan terhadap kemampuan (skills) yang kelak akan dimiliki oleh seorang mahasiswa kedokteran. Rangkaian acara hari pertama dibuka oleh Ni Gusti Made Anggreni Nur Hadi (Wakil Ketua Umum BEM IKM FKUI 2015). Selain pengenalan kemampuan, kegiatan hari pertama pun diisi dengan pelatihan (workshop) pengukuran tekanan darah, pengukuran kadar gula dan kolesterol darah, serta pemasangan balut-bidai. Pada hari pertama ini pun para peserta yang dibagi kedalam beberapa kelompok dapat mengikuti sesi berbagi (sharing) tentang kehidupan mahasiswa kedokteran langsung dari para mahasiswa FKUI.

Sedangkan pada hari kedua yang diselenggarakan di Gedung RIK kampus UI Depok, peserta dikenalkan pada sistem akademik yang diterapkan di FKUI. Pengenalan sistem akademik disampaikan langsung oleh Koordinator Kemahasiswaan FKUI, dr. Ahmad Fuady, MSc-HEPL. Dalam presentasinya, dr. Ahmad Fuady menyampaikan penjelasan tentang tahapan-tahapan pendidikan yang akan dilalui oleh seorang mahasiswa FKUI. Selain itu, dijelaskan pula tentang biaya perkuliahan, jalur masuk atau sistem seleksi, gambaran kehidupan perkuliahan, dan berbagai jenis beasiswa yang tersedia di FKUI.

Rangkaian acara diakhiri oleh sesi talkshow tentang kehidupan mahasiswa kedokteran sebagai co-ass di berbagai rumah sakit pendidikan yang disampaikan oleh Juniarto Pangestu (FKUI 2010) dan Shafira Anindya (FKUI 2010). “Semoga seluruh rangkaian acara Open House FKUI 2015 ini dapat menghapus keraguan siswa-siswi SMA dan orang tua dalam memilih FKUI sebagai tempat kuliah yang berkualitas” tutur Aisyah Aminy Maulidina (FKUI 2013), Ketua Pelaksana kegiatan Open House FKUI 2015 kepada Humas FKUI. (Kontributor Humas FKUI: Ni Gusti Made Anggreni Nur Hadi – Mahasiswa FKUI Angkatan 2012/Die/Mel)