Mikrobiologi Klinik FKUI Gelar Kuliah Tamu Tentang Resistensi Antimikroba

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) melalui Departemen Mikrobiologi Klinik menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tema “One Health Approach in Hindering Antimicrobial Resistance” yang dilaksanakan di Ruang Senat Fakultas Akademik (SAF) Kampus FKUI Salemba, pada Selasa, 14 Februari 2023.

Kuliah tamu tersebut menghadirkan Prof. Karin Leder, Kepala Unit Epidemiologi Penyakit Menular, Monash University, Australia yang membawakan presentasi berjudul RISE study: revitalizing informal settlements and their environment. Dalam paparannya Prof. Karin Leder menyampaikan bahwa kondisi lingkungan dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Oleh karena itu, Monash University menjalin kerja sama penelitian dengan berbagai negara, termasuk Indonesia yang dalam hal ini adalah wilayah Makassar di Sulawesi Selatan, untuk menilai kondisi lingkungan di wilayah tersebut.

Narasumber yang kedua dalam kuliah tamu tersebut adalah dr. Anis Karuniawati, Ph.D., Sp.MK(K), staf Departemen Mikrobiologi Klinik FKUI yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FKUI serta Ketua Komite Pengendalian Nasional AMR, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Topik yang dibawakan dr. Anis berjudul “Current AMR Situation in Indonesia”. Dalam paparannya dr. Anis Karuniawati membicarakan tentang situasi resistansi antimikroba di Indonesia, termasuk kebijakan antimicrobial stewardship dan national action plan.

kuliah tamu tersebut dihadiri oleh Staf Departemen Mikrobiologi Klinik, Mahasiswa Program Magister Ilmu Biomedik FKUI, dan Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik. Selain itu, turut hadir staf pengajar dan Mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan disaksikan secara daring oleh mitra riset Revitalising Informal Settlements and their Environments (RISE) dari Makassar.

Kuliah tamu ini diharapkan  dapat memberikan informasi tentang resistansi antimikroba dan kesehatan lingkungan serta sebagai langkah awal kolaborasi kerja sama penelitian antara Monash University dan FKUI.

(Humas FKUI)