Mahasiswa FKUI Raih Lima Penghargaan Tingkat Nasional

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) berhasil meraih prestasi dengan memenangi lima penghargaan pada ajang Atma Cordis Ilmiah 2016 “Aesculapius” yang diadakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya pada tanggal 27-30 Januari 2016 di Kampus FK Unika Atma Jaya, Pluit, Jakarta.

Pada ajang berskala nasional tersebut, mahasiswa FKUI berhasil meraih juara dalam kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Poster Ilmiah dan Lomba Esai Ilmiah. Karya tulis ilmiah berjudul `E. Co Glowly’: Sistem Rapid Diagnosis Tuberkulosis Paru Anak melalui Deteksi DNA Genom Mycobacterium tuberculosis dengan E. coli Bioluminesens karya tim mahasiswa FKUI yang beranggotakan Gede Yuda Sugiarta (FKUI 2012), Vanya Utami Tedhy (FKUI 2012), dan Felicia Sesi Herdian (FKUI 2012) berhasil menjadi Juara I pada kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional. Sedangkan tim lainnya yang beranggotakan Dela Ulfiarakhma (FKUI 2013), Stefanus Imanuel Setiawan (FKUI 2013) serta Adrian Reynaldo Sudirman (FKUI 2013) berhasil meraih Juara III pada kategori yang sama dengan karya tulis ilmiah mereka yang berjudul TVX-149: Vaksin DNA Menggunakan AG85B Mycobacterium tuberculosis dengan Kombinasi MTOR-KD dan Carrier Chitosan-EDTA Berbasis Microneedle Patch sebagai Terapi Preventif dan Kuratif Tuberkulosis Anak.

Pada kategori Lomba Poster Ilmiah, tim mahasiswa FKUI berhasil meraih Juara I dan Juara II. Juara I diraih oleh tim mahasiswa FKUI yang beranggotakan I Gusti Agung Ari W.N (FKUI 2013) dan Rinaldo Indra Rachman (FKUI 2013) sedangkan Juara II Lomba Poster Ilmiah diraih tim mahasiswa FKUI yang beranggotakan Dela Ulfiarakhma (FKUI 2013), Stefanus Imanuel Setiawan (FKUI 2013) serta Adrian Reynaldo Sudirman (FKUI 2013). Satu prestasi lagi yang berhasil diraih oleh mahasiswa FKUI adalah pada kategori Lomba Esai Ilmiah. Esai ilmiah berjudul Pemeriksaan Konsentrasi Laktat Cairan Serebrospinal dalam Diagnosis Dini Meningitis Bakterialis pada Anak Sebelum Pemberian Antibiotik karya Raka Aldy Nugraha (FKUI 2012) dan Arini Ika Hapsari (FKUI 2012) berhasil menjadi Juara III pada ajang tersebut.

Atma Cordis Ilmiah 2016 “Aesculapius” merupakan ajang ilmiah yang diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa rumpun kesehatan dalam bidang ilmu kesehatan. Tema yang diangkat pada tahun ini berkaitan dengan ilmu kedokteran tentang kesehatan anak, yaitu infeksi pada anak-anak. Proses seleksi peserta pada ajang ini diawali dengan babak penyisihan dimana masing-masing tim mengirimkan karyanya untuk kemudian dipilih beberapa tim yang berhak maju ke babak final untuk mempresentasikan karya yang telah dibuat.

Lima penghargaan yang mereka raih, menjadi hadiah awal tahun yang manis bagi FKUI. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi pemacu semangat bagi sivitas akademika FKUI untuk mencetak prestasi-prestasi lainnya baik di ajang nasional maupun internasional, serta dapat tetap semangat untuk menciptakan karya-karya inovatif dan kreatif lainnya. Maju terus FKUI! (Humas FKUI)