Mahasiswa FKUI Raih Juara Pertama free paper dalam acara 24th International Meeting RESPINA 2023

Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang terdiri dari Ananda Pipphali Vidya (FKUI 2021); Jansen Jayadi (FKUI 2021): Karen Elliora Utama (FKUI 2021); dan Kenneth Ren (FKUI 2021) berhasil meraih juara pertama kategori free paper dalam acara 24th International Meeting on Respiratory Care Indonesia (RESPINA) 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 17-18 Juni 2023 di Hotel Ritz Carlton Jakarta.

Dalam kompetisi tersebut, tim mahasiswa FKUI membawakan hasil penelitian mereka yang berjudul “Effectivity of Telemonitoring Towards Quality of Life in Patients with Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD): a Systematic Review and Meta-Analysis”.

Ananda Pipphali menjelaskan, “Kami tertarik pada prinsip tatalaksana dan terapi pasien Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK) yang semakin berkembang pesat seiring kemajuan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, kami juga ingin mengintegrasikan teknologi terkini berupa konsultasi jarak jauh untuk mempermudah pasien PPOK dalam memantau perbaikan kondisinya dari waktu ke waktu.”

Dalam penelitiannya, tim mahasiswa FKUI melakukan meta-analysis mengenai efektivitas telemonitoring terhadap kualitas hidup pasien PPOK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telemonitoring efektif dalam menurunkan angka kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup pasien PPOK selama menjalani masa pemulihan dibandingkan dengan metode konsultasi konvensional.

“Untuk ke depannya, kami berharap penelitian primer dalam skala yang lebih besar dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang semakin valid dan dapat memperkuat penelitian yang sudah ada. Selain itu, kami juga berharap metode telemonitoring pada pasien PPOK dapat didorong implementasinya di Indonesia sehingga tercipta tatalaksana yang lebih sistematis dan komprehensif serta berfokus pada kebutuhan dan kenyamanan pasien,” ungkap Jansen Jayadi.

RESPINA 2023 merupakan pertemuan internasional tahunan di Indonesia tentang perawatan penyakit pernapasan. RESPINA merupakan kerjasama dari lima pilar dalam menjawab masalah global perawatan penyakit pernapasan yaitu Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, American College of Chest Physician- Indonesian Chapter, Asia Pacific Society of Respirology, Indonesian Society of Bronchoscopy, dan Indonesian Society of Respirology.

Karen Elliora Utama mewakili tim mahasiswa menyampaikan rasa syukur dan bahagia atas prestasi yang telah mereka raih, “Kami mengucapkan terima kasih kepada Dekanat FKUI melalui Tim Kemahasiswaan dan seluruh pihak yang telah mendukung kami dalam berkarya dalam bidang akademik dan nonakademik, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Kami merasa bersyukur dapat menjadi bagian dari FKUI dengan segala dukungan yang diberikan oleh institusi dalam berkarya mengembangkan potensi yang ada. Semoga ke depannya semakin banyak lagi karya-karya baru yang lahir dari mahasiswa sebagai upaya mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi.”

(Humas FKUI)