Mahasiswa FKUI Juarai Lomba Desain Antar Sivitas Akademika UI

Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Kali ini, para mahasiswa FKUI berhasil meraih prestasi dalam kompetisi non akademik melalui ajang UI Merchandise Design Competition 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-unit Usaha Universitas Indonesia (DPPU UI).

Penyerahan penghargaan dilakukan pada acara puncak pengumuman pemenang UI Merchandise Design Competition 2018, yang berlangsung Rabu (5/9) lalu di Gedung Auditorium Vokasi, Kampus UI Depok.

Penyelenggaraan UI Merchandise Design Competition 2018 dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan varian, desain dan produk yang dijual di UI STORE, toko merchandise resmi yang dimiliki oleh UI. Dengan mengusung tema “Bersatu dalam Karya” pelaksanaan kompetisi ini diharapkan dapat menghasilkan berbagai karya dan produk hasil kreativitas sivitas akademika UI yang mampu meningkatkan rasa cinta dan bangga kepada UI serta memunculkan rasa persatuan di antara para sivitas akademika UI.

Peserta lomba, yang terdiri dari mahasiswa, dosen, tenaga pendidik dan alumni, dianjurkan untuk memperdalam referensi tentang Universitas Indonesia, baik dari segi sejarah, makna lambang-lambang UI, hal-hal yang ikonik dan identik dengan UI, hingga harapan yang ingin ditanamkan terhadap UI, untuk kemudian dapat dituangkan ke dalam sebuah karya yang kaya akan makna, kreativitas, dan inovasi.

Terdapat delapan kategori pada kompetisi tersebut yaitu Kategori 1 Desain T-shirt; Kategori 2 Desain hoodie/jaket; Kategori 3 Desain mug/tumbler; Kategori 4 Desain kartu pos dan block note; Kategori 5 Desain gantungan kunci, pin, stiker, pulpen, tote bag, magnet kulkas; Kategori 6 Fotografi; Kategori 7 Desain Batik; dan Kategori 8 Desain Agenda UI, dengan Indikator penilaian yang dilihat dari inovasi dan kreativitas dalam penuangan ide.

Proses penilaian dilakukan oleh beberapa pakar dalam bidang desain dan marketing yaitu Prof. Yandi Andri Yatmo, ST, M.Arch, PhD (Staf Pengajar Departemen Arsitektur, FTUI); Dr. Rifelly Dewi Astuti, SE, MM (Kepala Kantor Humas dan KIP UI); Anton Wirjono (CEO & Founder The Goods Dept); Louisa Yanuarini Imanuel (Acting Brand Manager for Kent & Crew PT. Bina Busana Internusa) dan Sarita Anjani Noerhadi (Alumni FKG UI sekaligus pemerhati seni).

Pada pagelaran kompetisi tersebut, FKUI berhasil meraih enam penghargaan, yaitu:

  1. Kategori 1 Desain T-shirt atas nama:
  • Daniel Edward Rahardjo (Mahasiswa FKUI angkatan 2017) sebagai Juara 1
  • Rahmawati (Program Studi Magister Ilmu Gizi FKUI 2016) sebagai Juara Favorit
  1. Kategori 3 Desain Mug/Tumbler atas nama:
  • Nadine Herdwita Putri Soerojo (FKUI 2016) sebagai Juara 2
  1. Kategori 7 Desain Batik atas nama:
  • Kania Indriani Rosep Putri (FKUI 2016) sebagai Juara Favorit
  1. Kategori 8 Desain Agenda UI atas nama:
  • Daniel Edward Rahardjo (FKUI 2017) sebagai Juara 1
  • Afid Brilliana Putra (FKUI 2016) sebagai Juara 2

Daniel Edward Rahardjo, salah satu mahasiswa pemenang UI Merchandise Design Competition 2018 kepada Humas FKUI mengatakan bahwa ide desainnya datang dari warna-warni yang menjadi keunikan UI.

“Secara keseluruhan ide desain saya berasal dari banyaknya keunikan di Universitas Indonesia, seperti warna-warna dasar fakultas serta kekhasan desain gedung. Dari situ saya menuangkan ide saya dalam format yang sederhana dan modern, sesuatu yang menurut saya sedang trending sekarang,” ujar Daniel.

Selamat kepada para mahasiswa yang meraih prestasi. Maju terus FKUI!

(Humas FKUI)