Mahasiswa FKUI Juara Pertama Olimpiade Kedokteran Nasional MEDSMOTION 2024

Tim Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang terdiri dari Muhammad Dzaky Abdillah (FKUI 2021) dan Richie Jonathan Djiu (FKUI 2021) berhasil meraih Juara Pertama dalam ajang kompetisi nasional Olimpiade Kedokteran Medical Sebelas Maret Scientific Competition (MEDSMOTION) 2024. Kompetisi bergengsi ini diselenggarakan oleh Kastrat de Genesskunde, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta, pada tanggal 12-14 Juli 2024.

Tema MEDSMOTION tahun ini adalah “Establishing a High Level Strategy in Managing Cardiovascular Problems to Build Holistic Awareness of Society”. Selain olimpiade kedokteran, MEDSMOTION juga mengadakan lomba poster publik, esai ilmiah, video edukasi, dan literatur review yang seluruhnya diikuti oleh 900 peserta dari 64 universitas di seluruh Indonesia.

Kompetisi ini terdiri dari dua tahapan seleksi yaitu babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan diselenggarakan secara daring, sedangkan babak final diadakan secara luring di kampus Universitas Sebelas Maret yang terdiri dari tiga sesi yaitu, ujian praktikum di Laboratorium Anatomi, sesi 6 pos dengan soal tipe mudah, sedang, dan sulit, serta yang terakhir adalah sesi merebut pertanyaan yang menguji kecepatan dan ketepatan dalam menjawab.

Muhammad Dzaky Abdillah mengatakan salah satu tantangan terberat dalam kompetisi ini adalah luasnya dan tingkat kesulitan materi yang sulit bagi mahasiswa preklinik, terutama dalam bidang anatomi, embriologi, dan fisiologi yang banyak membahas mengenai penyakit kongenital pada sistem kardiovaskular. “Tetapi kami mampu mengatasi tantangan tersebut dengan terus berdoa, membaca, dan mempelajari materi yang menjadi ruang lingkup kompetisi ini ditengah kesibukan kami sebagai mahasiswa,” ujar Dzaky.

Sementara itu, menurut Richie Jonathan Djiu kompetisi yang mereka ikuti ini bukan sekadar perlombaan biasa, tetapi juga merupakan platform untuk menjalin hubungan dengan mahasiswa kedokteran dari seluruh Indonesia. “Meskipun hanya bertemu dalam waktu singkat, kami mendapatkan banyak pembelajaran mengenai kesibukan akademik mahasiswa, sistem pendidikan kedokteran dari berbagai universitas di Indonesia, dan perbedaan budaya, terutama makanan dan sejarah masyarakat Surakarta.”

Lebih lanjut Richie mengatakan, “Kami merasa sangat gembira dan bersyukur atas kesuksesan kami sebagai juara pertama dalam kompetisi ini. Selain menguji pengetahuan anatomi, MEDSMOTION juga menantang kami dalam hal kerja sama tim dan respons cepat.”

Selain Dzaky dan Richie, FKUI mengirimkan tiga tim lain yang juga lolos ke babak final di cabang lain. Tim tersebut yaitu, Octaviona Kusuma Oei (FKUI 2023), Stephen Dario Syofyan (FKUI 2022), dan Josia Nathanael Wiradika (FKUI 2022) di cabang Literatur Review, Audrey Sari Rafaelia Kartono (FKUI 2022), Ivana Trixie Odelia Tirany, dan Aurelia Gabriella Saputra (FKUI 2023) di cabang Poster Publik, serta Aqilla Katrita Zaira Nugroho (FKUI 2022), Nabila Najwa Nurisma (FKUI 2022), dan Najiba Gina Nurisma (FKUI 2022) di cabang Video Edukasi.

Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian para mahasiswa ini. “Prestasi ini menunjukkan komitmen dan dedikasi luar biasa dari mahasiswa FKUI dalam mengharumkan nama universitas. Kami sangat bangga atas keberhasilan mereka dan berharap pencapaian ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi di kancah nasional terlebih di kancah internasional,” ujar Prof. Ari.

(Humas FKUI)

Mulai chat
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo 👋
Ada pertanyaan atau hal yang bisa kami bantu?

Waktu Operasional
Senin - Jumat 08.00 - 16.00 WIB
Pesan yang masuk di luar waktu operasional akan direspon pada hari kerja berikutnya.