Kuliah Tamu Akihiro Harada

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia melalui Departemen Histologi FKUI menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema “The Methodology and Recent Advances on Generation of Knock Out Mice and the Analysis of Cell Polarity using Knock Out Mice and the Other System”. Kuliah tamu yang diselenggarakan pada Senin (15/9) pukul 13.00 WIB bertempat di Ruang Senat Akademik Fakultas FKUI ini menghadirkan pembicara tamu yang merupakan pakar dari Department of Cell Biology and Anatomy, Graduate School of Japan, Osaka University, Jepang, yaitu Prof. Akihiro Harada, MD, PhD.

Kuliah tamu dimulai dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FKUI, Prof. dr. Pratiwi P. Sudarmono, PhD, SpMK(K). Dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Prof. Akihiro Harada dengan judul presentasi “How to Make Knockout Mice Efficiently”. Knockout mice merupakan tikus yang sudah direkayasa secara genetis dengan mengganti atau menambahkan gen yang ada dengan DNA buatan. Kehilangan gen ini dapat menyebabkan perubahan fisik pada tikus. Seperti perilaku, kebiasaan, bahkan karakteristiknya. Dengan adanya kemiripan gen antara manusia dan tikus, melalui pengamatan karakteristik knockout mice ini, peneliti dapat mengambil gambaran dan lebih memahami bagaimana gen yang sama dapat menyebabkan atau memberikan kontribusi terhadap penyakit pada manusia.

Riset Prof. Harada banyak berfokus mengenai cell polarity (neuron and epithelial cells), polarized transport, dan knock out mice. Hingga saat ini, beliau sudah mempublikasikan lebih dari 30 jurnal penelitian sejak 2002. Jumlah tersebut termasuk juga artikel yang masuk ke dalam katalog penerbitan Nature Publishing Group, JCB dan FASEB Jurnal. Publikasi terakhir yang ia buat yaitu mengenai “Rab8a and Rab8b are Essential for Several Apical Transport Pathways but Insufficient for Ciliogenesis”.

Usai Prof. Akihiro Harada menyampaikan presentasinya, moderator dr. Radiana Dhewayani, M.Biomed mempersilakan pembicara selanjutnya yaitu Prof. dr. Jeanne Adiwinata, MS, PhD untuk menyampaikan presentasinya yang berjudul “Research Profile in Department of Histology, Faculty of Medicine Universitas Indonesia: Study on Stem Cells – Cultured Xeno – Free Media – for Stem Cell Supply”. Secara garis besar, beliau memaparkan berbagai riset yang sudah dilakukan dan yang masih berjalan di Departemen Histologi FKUI, khususnya mengenai pengembangan stem cell.

Rangkaian kuliah tamu hari itu ditutup dengan tanya jawab, diskusi, pemberian souvenir dan foto bersama. Kuliah tamu ini diharapkan menjadi sebuah ajang pertukaran ilmu dan pengetahuan dari para pakar, yang diharapkan dapat menambah wawasan dan khasanah pengetahuan tentang pengembangan penelitian bagi civitas akademika FKUI. (Mel/Dan/Die)