Kembangkan Peluang Kerja Sama, Pakar Teknologi Bioprinting Osaka University Berikan Kuliah Tamu di FKUI

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) melalui Klaster Stem Cell and Tissue Engineering Indonesian Medical Education and Research Institute (SCTE IMERI) menggelar kuliah tamu dengan menghadirkan pakar teknologi bioprinting dari Osaka University, Jepang, Prof. Shinji Sakai. Kuliah tamu tersebut berlangsung pada Senin 15 Mei 2023 di Ruang SCTE Lantai 8 Tower Riset, IMERI FKUI, Salemba, Jakarta, dengan dimoderatori oleh peneliti dari SCTE IMERI FKUI, Retno Wahyu Nurhayati, Ph.D, dan dibuka oleh Ketua Klaster SCTE IMERI FKUI, Prof. Dr. dr. Ismail Hadisoebroto Dilogo, Sp.OT(K) .

Ketua Klaster SCTE IMERI FKUI Prof. Dr. dr. Ismail Hadisoebroto Dilogo, Sp.OT(K) membuka kegiatan kuliah tamu

 

Prof. Shinji Sakai merupakan seorang peneliti dari Division of Chemical Engineering, Department of Materials Engineering Science, Graduate School of Engineering Science, Osaka University. Beliau memfokuskan risetnya pada bidang rekayasa jaringan dan organ, khususnya pada teknologi bioprinting.

Menurut beliau, 3D bioprinting merupakan salah satu teknologi inovatif di bidang biomedis. Teknologi ini diyakini mampu menciptakan jaringan seperti pembuluh darah, tulang, hati, dan kulit, yang memiliki kemampuan fungsional lebih baik dibandingkan dengan yang dibuat menggunakan teknik konvensional. Jaringan atau organ yang diciptakan dari teknologi 3D bioprinting diharapkan mampu diaplikasikan untuk kebutuhan transplantasi dan pengujian obat.

Prof. Shinji Sakai dari Osaka University memberikan kuliah tamu di FKUI

 

Pengaplikasian 3D bioprinting dapat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu acellular bioprinting dan cellular bioprinting. Acellular bioprinting menekankan pada produksi perancah fungsional tanpa melibatkan sel di dalamnya. Sedangkan cellular bioprinting menekankan pada produksi yang melibatkan adanya sel di dalamnya.

Untuk cellular bioprinting, sel dapat dibuat dalam bentuk cairan berupa bioink, di mana bioink tersebut seringkali didasarkan pada kerangka hidrogel. Untuk mengkatalis proses pembentukan hidrogel, tidak jarang dilibatkan reaksi-reaksi enzimatik, salah satunya dengan menggunakan enzim HRP.

Bertemu dan berfoto bersama Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB

 

Ke depannya, tim Peneliti SCTE yang dipimpin Retno Wahyu Nurhayati, Ph.D bekerja sama dengan Prof. Shinji Sakai akan melakukan eksplorasi terhadap bahan-bahan alam Indonesia sebagai material Bioprinting Inks yang dapat digunakan sebagai perancah untuk pertumbuhan sel punca.

Kuliah tamu yang mengambil tema “Development of Novel Bioprinting Inks for Improving Stem Cell Function from Indonesian Bio-resources” ini merupakan bagian dari program DIKTI – JSPS Bilateral Exchange Program, Joint Research Projects April 2023 – Maret 2026 antara Universitas Indonesia dengan Osaka University.

Melalui kegiatan kuliah tamu yang diselenggarakan, diharapkan tercipta proses pertukaran informasi dan pengetahuan antara peneliti UI dan Osaka University. Selain itu, akan terwujud kerja sama antar institusi yang mampu mendatangkan banyak kebaikan terutama bagi kemajuan teknologi dalam bidang kedokteran dan kesehatan.

(Humas FKUI)