Jaga Keasrian Lingkungan, FKUI Terapkan Budaya 5R Indah

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) sejak akhir tahun 2022 telah memiliki daftar inventarisasi jenis tumbuhan yang ada di halaman kampus FKUI yang berlokasi di Salemba dan Pegangsaan Timur sebagai vegetasi. Data Ruang Terbuka Hijau (RTH) di lingkungan FKUI menyebutkan bahwa terdapat 514 tanaman yang terdiri dari 107 spesies dari 39 famili.

Dalam rangka melakukan konservasi flora dan fauna dengan tujuan untuk melindungi dan menjaga kelestarian lingkungan, FKUI menyelenggarakan Kegiatan Apel Pagi dan Jumat Bersih dengan tema “Gerakan Membersihkan Lingkungan (GEMILANG) FKUI dengan Penerapan Budaya 5R Indah yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin, dan Indah untuk menuju Zona Integritas dan Green Metric FKUI 2023.”

Pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Jajaran Dekanat FKUI dan perwakilan dari unit Umum dan Fasilitas, satpam, dan cleaning service.

Dalam sambutannya, Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH., MMB berpesan agar seluruh warga FKUI dapat turut menjaga dan merawat kebersihan lingkungan FKUI sebagai tanggung jawab bersama. FKUI dan Gedung IMERI sebagai pusat riset, banyak dikunjungi oleh stakeholders sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman dan asri harus terus dilakukan.

“Atas nama pimpinan fakultas, saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman semua, yang telah berkontribusi untuk menyukseskan kegiatan green metric dan Zona Integritas dengan membersihkan lingkungan kampus dan menjaga flora dan fauna yang ada di sini. FKUI merupakan salah satu gedung bersejarah yang dimiliki oleh Indonesia sehingga kita yang ada disini wajib untuk merawat, menjaga, dan memberikan tempat yang nyaman untuk semua makhluk hidup disini,” kata Dekan.

(Humas FKUI)