Hebat, Dua Dosen FKUI Masuk Top 2% Scientist WorldWide by Stanford University 2023

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) berbangga, dua staf pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. dr. Jeanne Adiwinata, M.S., Ph.D dan dr. Indah Suci Widyahening, M.S., M.Sc., CM-FM., Ph.D mendapatkan penghargaan bergengsi masuk ke dalam daftar Top 2% Scientists Worldwide untuk tahun 2023. 

Peringkat ini bukanlah pencapaian biasa. Ini adalah pengakuan dari salah satu universitas terkemuka di dunia dan menyoroti keberhasilan keduanya dalam dunia riset dan publikasi ilmiah. Setiap tahun, Stanford University dan Elsevier BV merilis daftar ini, yang menjadi pedoman untuk mengidentifikasi peneliti paling berpengaruh di seluruh dunia. Seleksi ketat dan kriteria khusus digunakan untuk menentukan siapa yang berhak masuk dalam daftar ini.

Pemilihan tersebut berdasarkan kriteria khusus untuk menentukan peneliti terbaik dalam skala internasional. Stanford University dan Elsevier membuat database dari top-cited scientists yang memberikan informasi terstandarisasi terkait sitasi, h-index, co-authorship adjusted hm-index, kutipan untuk makalah di posisi kepengarangan yang berbeda, dan indikator komposit (c-score). Top 2% Scientist Worldwide merupakan publikasi tahunan dan sudah memasuki versi keenam. Tahun ini, publikasi tersebut dirilis secara resmi pada  4 Oktober 2023. 

Prof. dr. Jeanne Adiwinata, M.S., Ph.D merupakan guru besar Histologi FKUI telah berhasil menerbitkan 122 makalah penelitian yang terdaftar di basis data SCI/Scopus. Tidak hanya itu, beliau memiliki 778 kutipan dan H-Index mencapai 12. Ini adalah bukti betapa besar kontribusi beliau dalam dunia ilmiah.

Sementara itu, dr. Indah Suci Widyahening, M.S., M.Sc., CM-FM., Ph.D merupakan staf pengajar Departemen Ilmu kedokteran Komunitas (IKK) FKUI  juga tak kalah mengesankan. Dengan 59 makalah penelitian yang terdaftar di basis data SCI/Scopus, beliau telah mengumpulkan 11.884 kutipan dan mencapai H-Index 16.

Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH,MMB, turut bangga dan mengapresiasi pencapaian kedua staf pengajar FKUI, “pengumuman ini adalah pengakuan atas dedikasi dan kerja keras Prof. dr. Jeanne Adiwinata dan dr. Indah Suci Widyahening dalam dunia ilmiah. Prestasi mereka akan terus mengilhami generasi muda dan menjadikan FKUI sebagai institusi pendidikan yang menghasilkan peneliti unggulan dalam skala internasional,” tutur Prof. Ari.

(Humas FKUI)