FKUI Selenggarakan Plastic Surgery Edufest 2023

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) melalui Program Studi Bedah Plastik dan Rekonstruksi menggelar kegiatan Plastic Surgery Edufest 2023 yang berlangsung pada tanggal 1-2 Desember 2023 di Gedung IMERI FKUI, Salemba, Jakarta. Kegiatan simposium dan workshop ini ditujukan untuk mahasiswa kedokteran, dokter umum, dan dokter spesialis yang memiliki ketertarikan dan minat dalam keilmuan bedah plastik dan rekonstruksi.

Plastic Surgery Edufest merupakan acara yang dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2020 sebagai salah satu kontribusi pengayaan dan penyegaran keilmuan bagi petugas medis yang tidak hanya untuk dokter bedah plastik, namun terutama untuk dokter umum yang diharapkan mampu menangani manajemen trauma dasar sesuai dengan prosedur pusat bedah plastik, yang proses dan hasil dari pelayanan tersebut akan berdampak pada kualitas hidup pasien.

Kegiatan symposium Edufest 2023 dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FKUI Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), M.P.H. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI) Jaya dr. Qory Haly, Sp.B.P.R.E, dan jajaran staf pengajar dari Program Studi Bedah Plastik dan Rekonstruksi FKUI.

“Spesialis Bedah Plastik di Indonesia saat ini jumlahnya masih sangat sedikit, terutama di luar Pulau Jawa. Oleh karena kebutuhan akan Dokter Spesialis Bedah Plastik yang cukup tinggi, saat ini sedang diproses 6 (enam) center pendidikan di seluruh Indonesia yang rencananya akan membuka Program Studi Spesialis Bedah Plastik dan Rekonstruksi. Acara Plastic Surgery Edufest 2023 ini sangat baik diadakan karena dibuat bertujuan untuk meningkatkan minat dan pengetahuan bagi sejawat dokter umum yang berencana melanjutkan pendidikan, terutama yang ingin menjadi dokter bedah plastik di masa depan,” tutur dr. Nandita Melati Putri, Sp.B.P.R.E, Subsp.L.B.L. (K), dalam sambutannya mewakili Kepala Divisi Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik FKUI-Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo pada pembukaan Edufest 2023 tanggal 2 Desember 2023 yang lalu.

Topik yang disampaikan dalam Plastic Surgery Edufest 2023 yaitu Plastic Surgery in Daily Practice dengan topik symposium mulai dari tatalaksana Emergency Treatment of Burn yang disampaikan oleh dr. Nandita Melati Putri, Sp.B.P.R.E, Subsp.L.B.L. (K); Management of Chronic Wound yang disampaikan oleh dr. Nandita Melati Putri, Sp.B.P.R.E, Subsp.L.B.L. (K); Aesthetic Seminar yang disampaikan oleh dr. Ruth F. M. Lumbuun, Sp. B.P.R.E.; Basic in Hand Trauma yang disampaikan oleh dr. Parintosa Atmodiwirjo, Sp.B.P.R.E., Subsp.M.O. (K); Hipospadia yang disampaikan oleh dr. Indri Aulia, Sp. B.P.R.E., Subsp.G.E. (K), MPd. Ked.; Excision of Minor Soft Tissue Tumor yang disampaikan oleh Dr. dr. Kristaninta Bangun, Sp.B.P.R.E., Subsp.K.M. (K); Management of Soft Tissue Laceration yang disampaikan oleh dr. Imam Susanto, Sp.B, Sp.B.P.R.E., Subsp.K.M.(K); Emergency Management of Facial Trauma yang disampaikan oleh dr. Vika Tania, Sp. B.P.R.E., Subsp.K.M. (K); serta Tips and Trick: How to Apply to Plastic Surgery Residency FKUI yang disampaikan oleh dr. Mohamad Rachadian Ramadan, BMedSc, Sp. B.P.R.E., Subsp.M.O. (K), MRBS.

Selain itu, ada sesi sharing oleh salah satu PPDS BPRE-UI yang masih aktif tentang The Life of Plastic Surgery Residents. Sedangkan dalam topik workshop mulai dari Roser Plasty, Circumcision, Chronic Wound Debridement, Excision of Atheroma Cyst, dan Incision and Drainage of Cyst.

Edufest tahun ini juga berkolaborasi dengan Lingkar Studi Bedah Plastik untuk menyelenggarakan kegiatan Advanced Suturing Course yang diselenggarakan pada 3 Desember 2023 di Artotel Mangkuluhur, Jakarta Pusat; Kolaborasi dengan Cleft Craniofacial Center RSCM Kinanti untuk acara Cleft & Craniofacial Course pada 9 Desember 2023 yang berlangsung di Pro-Health Int., Jakarta Pusat; dan kolaborasi dengan Center for Advanced Reconstructive Microsurgery FKUI-RSCM untuk kegiatan The Micro Course pada 17-20 Desember 2023 di Carl Zeiss Indonesia, Jakarta Selatan.

(Humas FKUI)