FKUI – Lakespra dr. Saryanto Sinergi Membangun Sumber Daya Manusia dalam Bidang Kedokteran Penerbangan

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH., MMB dan Kepala Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (Lakespra) dr. Saryanto Marsekal Pertama TNI dr. Adhantoro Rahadyan, Sp.JP(K)., F.I.H.A menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang bertujuan untuk penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kedokteran penerbangan. Acara penandatanganan berlangsung pada Rabu, 6 Maret 2024 di Ruang Pertemuan dr. Suhud Lt. 3 Gedung Lakespra dr. Saryanto, Pancoran, Jakarta Selatan.

Melalui sambutannya, Dekan FKUI menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kerja sama sebelumnya yang telah terjalin sejak tahun 2018. Beliau menekankan pentingnya sinergi antara FKUI khususnya pada Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Kedokteran Penerbangan dan Lakespra dalam mendukung pengembangan Lakespra sebagai institusi layanan kesehatan dan pemeriksaan bagi tenaga dan awak penerbangan. 

Kedepannya kami berharap kerja sama ini dapat selalu terjalin mengingat negara kita negara kepulauan yang pastinya membutuhkan transportasi udara selain transportasi laut, dan kami sangat terbuka untuk dijadikan tempat belajar bagi staf dari TNI AU,” tutur Prof. Ari.

Kepala Lakespra, dr. Rahadyan, menyampaikan rasa bangga dan syukur atas kehadiran Dekan FKUI beserta rombongan dalam acara penandatanganan PKS ini. Beliau menegaskan bahwa kerja sama antara FKUI dan Lakespra bukan sekadar sebagai mitra, melainkan sebagai keluarga yang ikatannya lebih erat, sehingga sinergi yang terjalin haruslah lebih kuat dan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dr. Rahadyan juga menekankan pentingnya persiapan kesiapan awak penerbangan hingga ke pesawat luar angkasa sebagai bagian dari persiapan untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Turut hadir mendampingi Dekan FKUI, Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Program Dokter Spesialis dan Subspesialis Prof. Dr. dr. Em Yunir, Sp.PD-KEMD; Ketua Program Studi Sp1 Kedokteran Penerbangan Prof. dr. Budi Sampurna, DFM, S.H, Sp.F(K), Sp.KP; dan Sekretaris Program Studi dr. Retno Wibawanti, Sp.KP; serta Ketua Umum ILUNI FKUI Dr. dr. Wawan Mulyawan, SpB.S, Subspes Neurospine, Sp.KP, AAK.

Sementara itu, hadir pula tim dari Lakespra dr. Saryanto yaitu, Ketua Departemen Aerofisiolgi Kol. Kes. dr. Erna E, Sp.M, M.Kes.; Ketua Departemen Aeroforensik Kol. Kes. Seno Hadi, S.K.M, M.Si; Ketua Departemen Binkomlitbang Kol. Kes. Wawan Setiawan, S.Pd; serta jajaran lainnya.

Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan FKUI, merupakan satu-satunya di Asia. Program Studi ini adalah suatu program pendidikan lanjut profesi kedokteran, yang menghasilkan lulusan dokter spesialis sebagai salah satu pemberi pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia dan dunia.

Terjalinnya kerja sama antara FKUI dan Lakespra dr. Saryanto diharapkan akan membuka peluang baru dalam pengembangan riset, pendidikan, dan pelayanan di bidang kedokteran penerbangan. Dukungan penuh dari kedua belah pihak serta komitmen untuk menjaga sinergi yang terjalin, diharapkan kerja sama ini dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan kedokteran penerbangan di Indonesia serta menciptakan sumber daya manusia penerbangan yang berkualitas dan siap bersaing secara global.

(Humas FKUI)