FKUI Juara Umum Regional Medical Olympiad (RMO) 2023

Tim Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) telah mengukir prestasi luar biasa dalam ajang Regional Medical Olympiad (RMO) yang diselenggarakan di Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Jakarta, pada tanggal 7-9 Agustus 2023. Dalam kompetisi tersebut, Tim Mahasiswa FKUI berhasil meraih juara di semua cabang perlombaan sehingga pada akhirnya dinobatkan sebagai Juara Umum.

RMO adalah salah satu program kerja yang dimiliki oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) Wilayah 2 yang meliputi provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Kalimantan Barat. Ada 6 cabang olimpiade yang dilombakan, yaitu Infeksi Tropis; Neurologi – Psikiatri; Kardiologi – Respirasi; Urologi – Reproduksi; Muskuloskeletal; dan Digestif. Program ini merupakan olimpiade berjenjang yang diadakan masing-masing wilayah untuk kemudian para pemenang akan berlaga pada ajang Indonesian International Medical Olympiad (IMO).


Enam gelar juara yang berhasil diraih oleh Tim  Mahasiswa FKUI, adalah:

  1. Juara 1 cabang Infeksi Tropis atas nama Andhika Alwan Rasyhad (FKUI 2021) dan Dhiya Insyira (FKUI 2021);
  2. Juara 1 cabang Neurologi – Psikiatri atas nama Ghefira Nur Imami (FKUI 2020) dan Rizqi Najla Humaira (FKUI 2020);
  3. Juara 2 cabang Kardiologi – Respirasi atas nama Steven Immanuel Adhimulia (FKUI 2020) dan Zuhair Amir Alkatiri (FKUI 2021);
  4. Juara 1 Cabang Urologi – Reproduksi atas nama Mukhlis Akmal Taher N (FKUI 2021) dan Daffa Saifullah Mahmud (FKUI 2020);
  5. Juara 3 cabang Muskuloskeletal atas nama R. Muh. Kevin Baswara (FKUI 2020) dan Muhammad Rafly Atthariq (FKUI 2020); dan
  6. Juara 1 cabang Digestif atas nama Diski Saisa (FKUI 2020) dan Isya Abiyyu Mumtaz (FKUI 2020). 

Setiap tim peserta RMO harus melalui 3 babak yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Babak penyisihan terdiri atas ujian Multiple Choice Questions (MCQ) tahap 1 dan Objective Structured Practical Examination (OSPE). Ujian MCQ tahap 1 mengujikan pengetahuan peserta sesuai dengan silabus materi yang telah diberikan, sedangkan OSPE mengujikan kemampuan praktikal peserta terkait dengan ilmu dasar seperti anatomi, histologi, dan pemeriksaan penunjang.

Berikutnya, pada babak semifinal peserta harus melalui ujian Multiple Choice Question (MCQ) tahap 2 dan Objective Structural Clinical Examination (OSCE) yang menilai kemampuan anamnesis, pemeriksaan fisik, hingga tatalaksana dan penulisan resep atau Objective Structured Practical Identification (OSPI) untuk cabang infeksi tropis. Jika berhasil lolos pada babak semifinal, para peserta akan kembali bertanding di babak final yang berisi ujian Student Oral Case Analysis and Public Health (SOCA-PH) dan Lomba Cepat Tepat (LCT). Tim dengan perolehan nilai tertinggi akan keluar menjadi pemenang.

Keberhasilan gemilang Tim Mahasiswa FKUI pada RMO 2023 tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan para staf pengajar FKUI yang telah memberikan arahan berharga kepada para mahasiswa. Ucapan terima kasih disampaikan kepada para tim pembimbing yaitu Prof. Dr. dr. Ismail Hadisoebroto Dilogo, Sp.OT(K); dr. Muhammad Rizqi Adhi Primaputra, Sp.OT(K); Sasanthy Kusumaningtyas, S.Si, M.Biomed; dr. Muhammad Deryl Ivansyah, Sp.OT(K); dan dr. Roman Ardian Goenarjo, M.Biomed, Ph.D pada cabang Muskuloskeletal

Para pembimbing dalam cabang Neuropsikiatri, yaitu dr. Gina Anindyajati, Sp.KJ; dr. Pukovisa Prawiroharjo, Sp.S(K); dr. Luh Ari Indrawati, Sp.S(K); dan dr. Reyhan Eddy Yunus, Sp.Rad, M.Sc.

Di cabang Digestif, para pembimbing yaitu dr. Saut Horas Hatoguan Nababan, Sp.PD-KGEH, Ph.D; dr. Saskia Aziza Nursyirwan, Sp.PD-KGEH; dr. Ridho Ardhi Syaiful, Sp.B-KBD; dr. Rizky Amaliah, Sp.B(K)BA; drg. Haamid Hasan Haikal, M.Sc, dan Gulshan Fahmi El Bayani, S.Gz., M.Biomed.

Para ahli di cabang Uroreproduksi yang berperan penting dalam keberhasilan ini, terdiri dari drg. Haamid Hasan Haikal, M.Sc.; dr. Atikah Chalida Barasila, M.Biomed, Sp.Ak; Dr. dr. Minarma Siagian, M.S, AIFM; dr. Fina Widia, Sp.U(K); Dr. dr. Herbert Situmorang, Sp.OG(K); dan Dr. dr. Silvia Werdhy Lestari, M.Biomed, Sp.And.


Demikian pula dalam cabang Kardiorespirasi yaitu, dr. Radityo Prakoso, Sp.JP(K); dr. Suci Indriani, Sp.JP(K), FIHA; dr. Estu Rudiktyo, Sp.JP(K), FIHA; dr. Harry Sakti Muliawan, Sp.JP, Ph.D; dr. Damba Dwisepto Aulia Sakti, Sp.JP; dr. Dian Yaniarti Hasanah, Sp.JP; dr. Vidya Gilang Rejeki, Sp.JP; dr. Dony Yugo Hermanto, Sp.JP, FIHA; dr. Bambang Dwiputra, Sp.JP(K); dr. Nanda Iryuza, Sp.JP; dr. Atikah Chalida Barasila, M.Biomed., Sp.Ak.; dan Prof. Dr. dr. Dewi Irawati Soeria Santoso, M.S.

Serta, Dr. dr. Yeva Rosana, M.S, Sp.MK(K); Prof. Dr. Agnes Kurniawan, Ph.D, Sp.Park; dr. Mardiastuti HW, M.Sc, Sp.MK(K); Dra. Rawina Winita, M.S; Fithriyah, S.Si, M.S, Ph.D; dr. Yusuf Bahasoan, Sp.PK; dan Dr. Ibnu Agus Ariyanto, S.Si, M.Biomed dalam cabang  Infeksi Tropis.

Daffa Saifullah Mahmud sebagai perwakilan tim mengungkapkan rasa syukur dan bahagia atas prestasi yang dicapai Tim Mahasiswa FKUI. “Kami tentunya sangat bersyukur dan berterima kasih telah diberikan amanah sebagai delegasi dari FKUI pada perlombaan RMO 2023 ini. Kami mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu baru dan tentunya pengalaman yang sangat berharga dan tentunya bermanfaat bagi kami ketika menjadi seorang dokter nantinya. Terima kasih terutama kepada orang tua, para dosen pembimbing, maupun pihak-pihak lain yang juga turut membantu secara maksimal persiapan kami untuk untuk mengikuti RMO,” ujar Daffa.

Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH., MMB sangat mengapresiasi pencapaian tim mahasiswa FKUI di ajang ini, “selamat saya ucapkan kepada tim mahasiswa FKUI yang sudah meraih prestasi gemilang. Capaian ini membuktikan bahwa dengan semangat juang dan kerja keras, setiap prestasi gemilang dapat dicapai. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada para pembimbing yang sudah memberikan waktu, tenaga, dan ilmu yang berharga sehingga prestasi ini dapat diraih. Selamat sekali lagi kepada tim mahasiswa FKUI atas prestasi yang luar biasa dalam Regional Medical Olympiad 2023!”

Selamat kepada para delegasi yang telah mengukir prestasi. Semoga pengalaman membanggakan ini dapat menjadi motivasi bagi teman-teman FKUI lainnya untuk terus mengukir prestasi. Maju terus FKUI!

(Humas FKUI)