FKUI –  FMDHS The University of Melbourne Rayakan 20 Tahun Kerja Sama

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan Faculty of Medicine, Dentistry, and Health Science (FMDHS) The University of Melbourne, Australia, merayakan 20 tahun jalinan kerja sama dalam acara bertajuk Bachelor of Medical Science 20th Anniversary Symposium yang diselenggarakan pada tanggal 18 November 2023 di Aula IMERI-FKUI, Kampus FKUI Salemba, Jakarta Pusat.

Kerja sama antara kedua institusi dimulai pada tahun 2003 melalui pembukaan program double degree pada Kelas Khusus Internasional (KKI) FKUI. Program ini bertujuan untuk mencetak dokter yang dapat bersaing secara global dan memiliki kompetensi internasional. Selain gelar Dokter (dr.) dari Universitas Indonesia, alumni program kerja sama ini juga meraih gelar akademik Bachelor of Medical Sciences (BMedSci) dari The University of Melbourne.

Para alumni telah menjadi bukti akan keberhasilan program kerja sama FKUI dan FMDHS The University of Melbourne dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa di bidang pembelajaran, keilmuan, riset, dan keterampilan klinis melalui pendekatan akademik berbahasa Inggris. Salah satunya diungkapkan oleh alumni KKI FKUI – FMDHS The University of Melbourne angkatan pertama dr. Gerhard Renaldi Situmorang, Sp.U(K), Ph.D. Menurutnya berkuliah di Kelas Khusus Internasional FKUI dan mengikuti program BMedSci dari The University of Melbourne mampu memberikan pengalaman riset dan klinis yang baik sehingga dapat membantunya dalam menentukan perjalanan karir sebagai seorang dokter.

“Kesempatan belajar di pusat pendidikan dan layanan kesehatan internasional bukan hanya memberikan keuntungan akademik bagi saya. Pengalaman riset dan klinis yang saya terima telah membantu saya menentukan perjalanan karir saya dan memberikan pondasi akademik dan riset yang manfaatnya masih saya rasakan sampai saat ini. Di era transformasi kesehatan nasional, saya berharap program ini dapat terus berkontribusi dalam pembentukan SDM kesehatan yang prima serta senantiasa berkomitmen untuk menolong dan memberikan yang terbaik,” ujar dr. Gerhard yang saat ini berkarir sebagai staf pengajar di Departemen Urologi FKUI-RSCM tersebut.

Pada tahun 2020, kolaborasi FKUI dan FMDHS The University of Melbourne diperluas dengan penambahan jalur double degree untuk tingkat Magister, Doktor, Spesialis, dan Subspesialis dalam skema Master of Clinical Research.

Perayaan 20 tahun kerja sama FKUI dengan FMDHS The University of Melbourne diisi dengan simposium yang mengusung topik partnerships, global education, and health yang menghadirkan pembicara dari FMDHS The University of Melbourne, yaitu Prof. Anita Horvath; Dr. Justin Bilszta; Prof. Susan Sawyer; dan Prof. Lena Sanci. Serta pembicara dari FKUI, yaitu Prof. Dr. dr. Theddeus O. H. Prasetyono, Sp.B.P.R.E., Subsp.T.(K) dan Dr. dr. Wismandari, Sp.PD-KEMD.

Selain itu, turut hadir sebagai pembicara adalah Ms. Madeleine Moss (Minister Counsellor, Governance and Human Development, Australian Embassy); Ms. Sovi Arinta (Senior Education Services Director, Trade and Investment Victoria, State Government of Victoria); Dr. Agam Bayu Suryanto, S.E., M.B.A. (Kepala Divisi Kerjasama dan Pengembangan Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan RI) dan diadakan kegiatan sharing session bersama para alumni program BMedSci The University of Melbourne.

Dekan FMDHS The University of Melbourne, Prof. Jane Gunn, dalam sambutannya mengatakan, “Kita punya lebih dari 500 lulusan dari program ini. Sangat menyenangkan melihat kalian (para alumni) semua di sini, banyak dari kalian mengingat waktu kalian selama di Melbourne dan kami mengingat tiap kelompok mahasiswa dari FKUI yang menghabiskan waktu bersama kami. Kami sangat mengharapkan simposium ini di mana kita akan berbagi ide, merenungkan kembali, menyambung kembali, dan menikmatinya seharian ini. Sebagai alumni Universitas Melbourne. Saya tahu beberapa telah bekerja di rumah sakit atau komunitas, saya berharap waktu yang kalian habiskan di Melbourne adalah sesuatu yang bisa kalian ambil dan diterapkan bagi pekerjaan kalian,” kata Prof. Jane.

Sementara itu, Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH., MMB, menyambut hangat perayaan 20 tahun Bachelor of Medical Science FKUI- FMDHS The University of Melbourne. “Lebih dari 20 tahun kerja sama ini telah menjadi suar atas kolaborasi dalam bidang akademik dan mengembangkan generasi profesional dalam pelayanan kesehatan berperspektif global. Sebagaimana kita merayakan pencapaian ini, kita menghormati tidak hanya untuk capaian para alumni, namun juga semangat abadi akan kerja sama atas program kita ini,” ujar Prof. Ari.

Lebih lanjut Prof. Ari Fahrial Syam mengatakan bahwa simposium ini adalah sebuah perjanjian atas komitmen bersama untuk memajukan ilmu kedokteran, memajukan riset, dan membudidayakan sebuah komunitas pelajar yang berdedikasi pada layanan kesehatan yang lebih baik dan berskala internasional.

Kelas Khusus Internasional FKUI merupakan program double degree yang bekerja sama dengan institusi terbaik dunia. Mahasiswa pada program ini akan menjalani perkuliahan selama 11 semester di Universitas Indonesia dan 2 semester di universitas mitra. Selain The University of Melbourne, mitra FKUI pada program ini adalah Monash University (Australia) dan Newcastle University (United Kingdom). Setiap mahasiswa pada program KKI FKUI didorong untuk mengembangkan metode pembelajaran, memperoleh pengetahuan sains, dan keterampilan klinis melalui berbagai sumber akademik.

(Humas FKUI)