FKUI dan RSUP. Dr. R. D. Kandou Jalin Kerja Sama Maksimalkan Layanan Uro-Nefrologi

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB dan Direktur Utama RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Dr. dr. Jimmy Panelewen, SpB-KBD menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang kegiatan akademik Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Urologi. Acara tersebut berlangsung pada 24 November 2022, di gedung BLU RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou, Manado.

Dalam acara tersebut turut hadir mendampingi Dekan FKUI, Ketua Program Studi Sp1 Urologi FKUI, Prof. dr. Ponco Birowo, Sp.U(K), Ph.D dan  Sekretaris Program Studi Sp1 Urologi, dr. Agus Rizal A.H Hamid, SpU(K), PhD.

Sementara itu, turut hadir dari pihak Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi (FK Unsrat) dan RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou, Kepala bagian bedah FK Unsrat-RSUP Kandou, Dr. dr. Mendy Hatibie Oley, SpBp-RE; Kepala KSM bedah RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou, Dr. dr. Eko Prasetyo, Sp.BS(K); dan Koordinator  Program Studi Ilmu Bedah FK Unsrat, Dr. dr. Harsali Fransiscus Lampus, MHSM, Sp.BA(K).

Direktur Utama RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou, Dr. dr. Jimmy Panelewen, SpB-KBD, dalam sambutan menyatakan harapannya terkait kerja sama ini. “Dengan PKS ini, diharapkan RSUP Kandou dapat membantu RSCM dan FKUI untuk menambah kompetensi dan jumlah Spesialis Urologi di Indonesia, khususnya wilayah Sulawesi,” ujar Dr. Jimmy.

Beliau juga berharap kedepannya FK Unsrat dapat membuka program PPDS Urologi dengan dukungan dari FKUI dan Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), dan meningkatkan kompetensi dokter spesialis urologi di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou melalui program pendidikan fellowship dan Dokter Spesialis-2, serta memberikan pelayanan terbaik dalam bidang transplantasi ginjal.

Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, menyatakan komitmen atas kerja sama yang telah terjalin. “Program pengampuan transplantasi ginjal akan kami dukung penuh agar dapat segera terealisasi dalam waktu dekat, sesuai target dari bapak Direktur Utama, ” ujar Prof. Ari.

Tahapan pertama kerja sama yang dilakukan yakni FKUI-RSCM akan membantu RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou dalam melaksanakan operasi transplantasi ginjal pertama di rumah sakit tersebut. Untuk mendukung hal ini, FKUI-RSCM akan mengirimkan empat dokter spesialis urologi yang ahli dalam bidang transplantasi ginjal. Selain itu, PKS ini juga memberikan peluang bagi beberapa PPDS dari program studi lain untuk dikirimkan ke FK Unsrat, dan persiapan pendirian program studi baru akan segera dilakukan.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan kemampuan kognitif dan keterampilan klinis bagi peserta didik Program Studi Sp1 Urologi FKUI. Selain itu, melalui kerja sama ini, diharapkan dapat menghasilkan lebih banyak dokter spesialis urologi yang kompeten, sehingga kebutuhan medis terkait urologi dan nefrologi dapat terpenuhi dengan lebih baik di masa depan.

(Humas FKUI)