FKUI dan PT Medikaloka Hermina Tbk Jalin Kerja Sama untuk Peningkatan SDM Kesehatan di Indonesia

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, dan Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk, dr. Hasmoro, Sp.An, KIC, MHA, MM, menandatangani perjanjian kerja sama pada Kamis, 30 November 2023, di Ruang SAF, Kampus FKUI Salemba, Jakarta. Dalam acara tersebut, kedua institusi menyatakan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan.

Kerja sama ini mencakup berbagai aspek, termasuk memberikan kesempatan kepada lulusan Spesialis dan Subspesialis FKUI untuk bergabung dengan jejaring Hermina Group. Selain itu, terdapat komitmen untuk mengembangkan kesempatan belajar atau capacity building bagi dokter-dokter Hermina Group di FKUI. Hal ini akan dilakukan melalui program pendidikan Spesialis atau Subspesialis, serta seminar dan workshop seperti Program Keterampilan Profesionalisme dan Inovasi Kedokteran (KPPIK). Beasiswa juga akan diberikan kepada mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) FKUI yang membutuhkan.

Melalui sambutannya, dr. Hasmoro menyatakan komitmennya untuk memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia. “Saya berharap bahwa kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas dokter di Indonesia dan sekaligus membuka peluang pekerjaan bagi para tenaga kesehatan di tanah air,” tutur dr. Hasmoro.

Sementara itu, Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT Medikaloka Hermina Tbk atas perhatian dan kontribusinya dalam pembangunan sumber daya manusia di bidang kesehatan. “Ini merupakan langkah konkrit kita bersama untuk pemenuhan tenaga kesehatan, khususnya dokter spesialis, di seluruh Indonesia,” ucap Prof. Ari.

Dekan juga mengatakan bahwa dengan beasiswa yang diberikan oleh Hermina Group, dapat menstimulasi dan memberikan semangat bagi para peserta didik di FKUI.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Dekan FKUI Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum dr. Anis Karuniawati, PhD, Sp.MK(K); Manajer Kerjasama, Ventura, dan Hubungan Alumni Prof. Dr. dr. Andon Hestiantoro, Sp.OG(K), M.P.H; Direktur Medis PT Medikaloka Hermina Tbk dr. Binsar Parasian Simorangkir, Sp.OG; Direktur Umum dan Operasional PT Medikaloka Hermina Tbk Yulisar Khiat, SE, MARS, SH.,MH; Sekretaris Korporasi PT Medikaloka Hermina Tbk drg. Susi Setiawaty, MARS, FISQua; beserta jajaran staf PT Medikaloka Hermina Tbk.

Kerja sama yang terjalin antara FKUI dan PT Medikaloka Hermina Tbk ini diharapkan tidak hanya akan memberikan dampak positif bagi kedua institusi tersebut, tetapi juga bagi perkembangan kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

(Humas FKUI)