FKUI Bekali Peneliti dengan Kemampuan Penulisan Penelitian

Penelitian dan publikasi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dari institusi pendidikan tinggi. Tidak terkecuali dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, FKUI meletakan penelitian sebagai tonggak kemajuan institusi pendidikan kedokteran dan upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Sebagai salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia, FKUI kerap mendorong peneliti dari berbagai disiplin ilmu, untuk terus melakukan penelitian secara berkelanjutan dan mempublikasikannya pada jurnal ilmiah, baik nasional maupun internasional.

Namun sayangnya, dalam berbagai penelitian yang dihasilkan FKUI, masih ditemukan beberapa kendala seperti analisis data yang kurang baik, interpretasi yang belum benar dan kemampuan dalam menulis naskah penelitian yang belum maksimal. Kendala ini menjadi tantangan besar yang dihadapi para peneliti dalam proses penelitian. Sebuah publikasi penelitian yang baik tentunya harus memiliki analisis data yang baik dan penulisan naskah yang mudah di pahami sehingga hasil penelitian tersebut dapat terimplementasikan dengan baik dan benar. Kemampuan dan kompetensi untuk menghasilkan penelitian yang baik dan publikasi pada jurnal penelitian menjadi mutlak dimiliki oleh sumber daya peneliti di FKUI. Kompetensi sumber daya peneliti ini yang akan selalu ditingkatkan dan diberdayakan agar terus menghasilkan penelitian yang dapat bersaing dalam taraf internasional. Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi adalah dengan memberikan pelatihan mendalam terkait analisis data dan penulisan naskah penelitian.

Menanggapi kebutuhan tersebut, Unit Riset Kedokteran FKUI mengadakan kegiatan WRITE on WORKSHOP: Journal Article Writing Workshop-Preparation for Publication pada Senin-Selasa (15-16/8) dan Senin (22/8) lalu di Ruang Senat Akademik Fakultas, FKUI Salemba. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peneliti melalui pelatihan dalam hal analisis data dan penulisan naskah penelitian sehingga dapat ikut serta dalam memajukan inovasi di bidang kesehatan.

Peserta kegiatan merupakan para peneliti yang berasal dari FKUI-RSCM. Topik yang disajikan pun bervariasi di antaranya “Why Should We Publish”, “Anatomy of An Original Article”, “How to Stay Motivated during Writing”, dan “Explanation of Writing Center” dengan narasumber antara lain Dekan FKUI, Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K); Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat FKUI Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K); dr. Agus Rizal, SpU, PhD; dr. Grace Wanggae, PhD; dr. Mila Maidarti, SpOG; dan Prof. Irawan Satriotomo, MD, PhD.

Workshop ditutup dengan presentasi peserta terkait dengan tulisan penelitian yang telah dibuat sesuai dengan pemaparan materi di hari sebelumnya. Sebagai upaya memaksimalkan kompetensi peneliti dalam membuat laporan penelitian, workshop ini diharapkan semakin meningkatkan kemampuan peneliti dalam menganalisis data untuk publikasi internasional sehingga dapat ikut serta dalam memajukan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. (Humas FKUI)