Fellow dari University of Glasgow Belajar Keterampilan Mikroskopik di FKUI

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) melalui Departemen Parasitologi FKUI menyelenggarakan kegiatan pelatihan Microscopy Module, Diploma in Tropical Medicine and Hygiene (DTM&H) bagi para fellow University of Glasgow, UK, yang berlokasi di Laboratorium Parasitologi FKUI pada tanggal 25-27 Januari 2023.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari kerja sama antara University of Glasgow (UoG) dan Universitas Indonesia (UI) dalam pengajaran parasitologi mikroskopis di bidang kedokteran tropis. Para pakar parasitologi FKUI seperti Prof. dr. Agnes Kurniawan, PhD, Sp.ParK(K); dr. Yenny Djuardi, PhD, Sp.ParK; dan Nurhadi Eko Firmansyah, M.Si, PhD memberikan pelatihan keterampilan mikroskopis kepada peserta, untuk mengenal dan mengidentifikasi parasit.

Modul mikroskopik yang diadakan rutin setiap bulan Januari ini merupakan salah satu prasyarat bagi peserta DTM&H course online untuk ikut ujian DTM&H yang diselenggarakan Royal College of Physician, London, Inggris. Materi pengajaran meliputi spesimen-spesimen helminth, protozoa, dan entomologi.

“Kegiatan ini terlaksana dengan baik sesuai matriks, peserta tampak antusias mengikuti semua kegiatan dan tertarik dengan tropical medicine. Semua peserta sudah terampil dalam penggunaan mikroskop untuk memeriksa spesimen dan mampu membuat sediaan langsung feses dan sediaan apus malaria,” tutur dr. Yenny Djuardi.

Departemen Parasitologi FKUI telah lama dikenal sebagai center of excellence in Parasitology and Mycology. Sejak tahun 1990 telah terjalin kerjasama riset dengan dengan beberapa universitas di UK dan yang terbaru adalah dengan University of Glasgow dalam pembentukan Laboratorium Parasitologi Klinik serta pengembangan modul infeksi oportunistik program studi Parasitologi Klinik.

Guru Besar Parasitologi FKUI, Prof. dr. Agnes Kurniawan, PhD, SpParK(K) berharap modul mikroskopik ini semakin menambah wawasan ilmu parasitologi para peserta program saat menjalankan profesinya sebagai dokter yang bekerja di negara tropis, dan dalam menangani masalah penyakit tropis serta mampu melaksanakan pemeriksaan mikroskopis parasitologi yang sederhana. “Semoga kerjasama ini semakin meningkatkan minat dan kecintaan para dokter untuk bekerja di bidang Parasitologi Klinik dan penyakit tropis, mengembangkan program studi PDS Parasitologi Klinik FKUI dan keilmuan Parasitologi,” tutur Prof. Agnes.

(Humas FKUI)