Dukung Kemajuan Almamater, ILUNI FKUI 1992-1993 “Adisahitya” Berikan Hibah Revitalisasi Resapan Air dan Pengelolaan Air Hujan di Kampus FKUI

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menerima hibah dari Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (ILUNI FKUI) lulusan tahun 1992-1993 “Adisahitya” berupa revitalisasi ruang terbuka resapan dan pengelolaan air hujan. Seremoni penyerahan hibah berlangsung pada tanggal 18 April 2023 berlokasi di Kampus FKUI Salemba, Jakarta.

Ketua ILUNI FKUI 1992-1993 “Adisahitya”, Dr. dr. Surahman Hakim, Sp.OG(K) mengungkapkan rasa senang dan bangga bisa turut serta berkontribusi dalam kemajuan almamater tercinta. “Kami sudah menjadi alumni FKUI lebih dari 30 tahun. Bagi kami selain memberikan sumbangan ada hal lebih penting dalam menjadi alumni FKUI yaitu bisa menjaga nama baik FKUI dengan menjadi dokter yang baik dan memberikan sumbangsih bermanfaat kepada masyarakat. Mudah-mudah apa yang kami sumbangkan ini dapat memberikan dorongan agar FKUI bisa terus maju,” ungkap dr. Surahman.

Sementara itu, Ketua 3 ILUNI FKUI dr. Irzan Nurman, M.Sc, Acp, CI, CMC, MNLP, ECP dalam sambutannya mengatakan, “Kami ucapkan terima kasih kepada ILUNI FKUI “Adisahitya” yang telah memberikan sumbangsih dalam pembangunan fasilitas yang merupakan pemenuhan green metric. Kegiatan ini menunjukkan bukti nyata bahwa semangat dan solidaritas dan kebersamaan di antara alumni FKUI masih sangat kuat. Kita semua berharap semangat ini terus berkembang dan menjadi inspirasi bagi rekan alumni lainnya untuk memberikan kontribusi yang lebih banyak untuk FKUI.”

Dalam meningkatkan peringkat pada UI Green Metric, FKUI terus berupaya melakukan pemenuhan standar-standar kampus hijau secara berkesinambungan yang terdiri dari 6 Indikator yaitu setting dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, pengelolaan limbah, pengelolaan air, transportasi, dan pendidikan dan penelitian.

Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB mengucapkan terima kasih kepada ILUNI FKUI “Adisahitya” yang telah mendukung dan membantu mendanai FKUI dalam melestarikan lingkungan sehingga FKUI dapat melakukan dua pemenuhan indikator UI Green Metric, yaitu setting dan infrastruktur dan pengelolaan air. Kegiatan revitalisasi ruang terbuka resapan air di area parkir FKUI dilakukan dengan cara meninggikan level parkir, mengganti paving block yang telah rusak serta membuat penampungan limpahan air hujan dengan material toren bekas untuk siram tanaman. “Hibah ini juga mengingatkan kita semua, bahwa kita lahir dan sukses dari FKUI, maka sudah saatnya memberikan kontribusi kita untuk membangun sekolah kita tercinta. Semoga upaya-upaya ini dapat terus membangun FKUI, terutama dalam menciptakan lingkungan hijau sesuai dengan pedoman UI Green Metric,” ujar Prof. Ari Fahrial Syam.

Dekan menambahkan harapannya bahwa dengan terobosan baru dalam pengelolaan air yang baik dan benar di lingkungan FKUI, diharapkan dapat menjadikan lingkungan FKUI tetap asri dan berseri demi mendukung terciptanya hidup sehat yang berkelanjutan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya di lingkungan Kota Jakarta.

(Humas FKUI)