Dosen FKUI Raih Penghargaan Dosen Berprestasi UI 2022

Keluarga besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) turut berbangga atas prestasi yang diraih oleh salah satu staf pengajarnya, dr. Rina Agustina, M.Sc, Ph.D sebagai Dosen Berprestasi kategori Rumpun Ilmu Kesehatan tahun 2022. Penghargaan diserahkan langsung oleh Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia yang berlangsung Rabu, 17 Agustus 2022 di Kampus UI Depok.

Penghargaan Dosen Berprestasi diraih dr. Rina Agustina atas capaiannya selama ini dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi sebagai dosen di FKUI, khususnya pada Departemen Ilmu Gizi FKUI. Beliau bergabung sebagai dosen sejak tahun 2000 pada program studi pasca sarjana gizi di Departemen Ilmu Gizi FKUI. dr. Rina Agustina, M.Sc, Ph.D meraih gelar PhD dalam Human Nutrition dari Wageningen University, Belanda melalui beasiswa dari International Nutrition Foundation/Ellison Medical Foundation USA. Ia menyelesaikan program Magister (MSc) Nutrisi di Universitas Indonesia (bekerja sama dengan SEAMEO-TROPMED dan Fakultas Kedokteran UI), dengan beasiswa dari German Technical Cooperation (GTZ) (2000). Beliau memperoleh gelar dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada tahun 1997.

Beasiswa lain yang pernah diperoleh oleh dr. Rini Agustina adalah beasiswa dari Higher Education Network Ring Initiative untuk mengikuti program summer course di Harvard School of Public Health, Harvard University, Boston, MA, USA, dan dalam program ini beliau menerbitkan makalah tambahan tentang pemberdayaan ibu dengan para ahli dari Universitas Harvard dan John Hopkins (https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs10995-014-1603-z).

Saat ini dr. Rina Agustina menjabat sebagai Ketua Klaster Human Nutrition Research Center Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) FKUI. Beliau sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Manajemen Sumber Daya, SEAMEO RECFON (Pusat Pangan dan Gizi Regional) yang dalam posisi ini, memungkinkan beliau untuk memiliki pengalaman dalam memimpin tim peneliti dengan latar belakang yang beragam. Keahliannya adalah di bidang kesehatan dan gizi anak, khususnya di bidang Kesehatan Usus dan Modulasi Diet Infeksi Usus dengan Probiotik, Prebiotik dan Mikronutrien (misal Kalsium, Besi, dan Seng). dr. Rina juga memiliki pengalaman luas dalam melakukan beberapa proyek penelitian dan uji klinis di Indonesia. Beliau melakukan percobaan intervensi skala besar dengan skrining pendaftaran 4000 anak, dengan sekitar 500 yang terdaftar dan ditindaklanjuti. Ini termasuk koordinasi lebih dari 100 rekan kerja termasuk asisten peneliti, dokter studi, pengawas, pekerja lapangan, personel basis data dan logistik, ahli gizi dan sukarelawan wanita lokal. Studi ini menghasilkan data berkualitas tinggi dengan tingkat kepatuhan yang sangat baik dan telah menerbitkan makalah secara produktif di jurnal internasional berdampak tinggi yaitu, Pediatrics http://pediatrics.aappublications.org/content/129/5/e1155 dan Journal of Nutrition https://academic.oup.com/jn/article/143/7/1184/4574514; dan Kesehatan Masyarakat BMC https://bmcpublichealth.biomedcentral.com/articles/10.1186/1471-2458-13-977.

Selain itu, beliau juga melakukan studi terbaru tentang asupan, obesitas, dan radang usus yang melibatkan 1000 anak (n=186 sedang ditindaklanjuti) di Jakarta. dr. Rina juga memprakarsai proyek Cohort di Indonesia tentang pemrograman janin, asupan makanan dan mikrobiota pada ibu hamil di Indonesia, dan studi tentang asupan makanan dan hasil metabolisme pada anak-anak, remaja dan wanita di beberapa provinsi di Indonesia.

dr. Rina Agustina, M.Sc, Ph.D, adalah penerima penghargaan internasional dari North American Society of Pediatric Gastroenterology, Hepatology and Nutrition (NASPGHAN) pada Kongres Dunia 2012 di Taipei. Selain itu, beliau tercatat sebagai Featured Fellow dari International Nutrition Foundation, Boston, MA, USA. Perhargaan lain yang berhasil didapatkan oleh dr. Rina adalah finalis dari 176 peneliti di Indonesia untuk Riset Terbaik Ristek-Kalbe Science Award 2014 dan Pada tahun 2020, mendapatkan penghargaan dari Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Republik Indonesia sebagai Salah Satu Peneliti Terbaik dari 500 Peneliti di Indonesia Berdasarkan Science and Technology Index (SINTA) 2020.

Ia terlibat sebagai perwakilan Indonesia untuk menghadiri pertemuan CODEX Committee on Nutrition and Foods for Special Dietary Use di Denpasar Bali. Dia adalah penulis pertama Handbook of Nutrition in Food Industry (1st ed 2009; 2nd ed 2014). Beliau terlibat sebagai anggota Komisi Ahli Pangan Fungsional (misalnya Probiotik) dan Pangan untuk Penggunaan Diet Khusus sejak tahun 2002 di Badan Pengawas Obat dan Makanan dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Ia aktif terlibat dalam Perhimpunan Gizi Medik (PDGMI).

Selamat kepada dr. Rina Agustina!

(Humas FKUI)