Dekan FKUI Terima Kunjungan Delegasi Kedutaan Besar Swedia, Bahas Potensi Kerja Sama dalam Bidang Pendidikan dan Penelitian

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menerima kunjungan dari Kedutaan Besar Swedia dalam rangka menjajaki potensi kerja sama antara FKUI dengan universitas di Swedia di bidang pendidikan dan penelitian. Kunjungan berlangsung pada Selasa 2 April 2024 bertempat di Ruang Senat Akademik Fakultas, Kampus FKUI Salemba, Jakarta.

Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH., MMB. menyambut antusias kunjungan dari delegasi kedutaan Swedia yang terdiri dari Head of Trade and Promotion Kedutaan Swedia Angeliqa Lejonberg dan Project Manager dan Person in Charge (PIC) of PhD Twinning Program Karolinska Institutet Mariam Claeson, MD, MPH.

Pertemuan antara kedua institusi membahas tentang langkah awal kerja sama program Ph.D Twinning antara Karolinska Institutet dan Universitas Indonesia (UI). Mariam Claeson menyoroti pentingnya kerjasama internasional dalam pengembangan ilmu kesehatan, dengan menyebutkan bahwa Indonesia memberikan dampak yang signifikan terutama dalam pengembangan perawatan primer.

Mariam juga berbagi pengalaman dari kerja sama internasional sebelumnya, menunjukkan bahwa kolaborasi lintas negara dalam pengembangan program PhD/PostDoc telah berhasil dilakukan dengan negara-negara seperti Singapura, Vietnam, Kanada, dan Afrika Selatan, meskipun dengan regulasi yang berbeda. Maria menjelaskan rencana awal terkait pembangunan pusat pengembangan critical care, study tour, dan rencana nasional untuk mempercepat kemajuan dalam pengurangan angka kematian anak/neonatal.

Prof. Ari Fahrial Syam menyatakan bahwa kerja sama ini akan memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak, dengan memungkinkan pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan riset antara dua institusi yang memiliki reputasi tinggi di dunia pendidikan kedokteran. Ia juga berharap dapat melibatkan topik lain dalam kolaborasi tersebut.

Pertemuan ini diharapkan menjadi titik awal dari kerjasama yang erat antara Karolinska Institutet dan FKUI dalam upaya menciptakan kemajuan di bidang kesehatan global.

(Humas FKUI)