Dekan FKUI Dianugerahi Brevet Kehormatan Kesehatan Penyelaman dan Hiperbarik dari TNI AL

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH., MMB dianugerahi Brevet Kehormatan Kesehatan Penyelaman dan Hiperbarik oleh Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut (Diskesal). Penyematan brevet dilakukan langsung oleh Kepala Diskesal Dr. dr. R.M. Tjahja Nurrobi, M.Kes., Sp.OT(K) Hand Laksamana Pertama TNI pada Selasa, 3 Oktober 2023 di Hyperbaric Center Rumkital dr. Mintohardjo, Jl. Bendungan Hilir No. 17, Jakarta Pusat.

Penganugerahan brevet kehormatan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Kesehatan TNI AL tahun 2023. Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, mendapat kehormatan sebagai pengakuan atas kontribusinya dalam pengembangan kesehatan hiperbarik yang merupakan bagian dari kesehatan matra laut yang menjadi ciri khas kesehatan TNI AL.

Penganugerahan ini mencerminkan tingginya komitmen dan jasa beliau dalam mengembangkan keahlian yang diperlukan dalam dunia penyelaman dan pengobatan hiperbarik. Selain itu, penghargaan ini juga bertujuan untuk memperkuat kerja sama dan persahabatan antara TNI AL dan pihak-pihak terkait di luar lingkungan TNI.

Di FKUI, Kedokteran Hiperbarik merupakan salah satu peminatan pada Program Studi Magister Kedokteran Kerja. Setiap lulusannya dibekali dengan pengetahuan tentang kedokteran hiperbarik dan penyelaman seperti fisika, fisiologi, dan ergonomi hiperbarik, patobiologi dan psikologi hiperbarik, hingga hukum perundang-undangan dan etika medikolegal dalam bidang kedokteran kelautan dan hiperbarik.

“Terima kasih, TNI. Suatu kehormatan besar bagi saya untuk bisa menerima penghargaan ini bersama tokoh terkemuka lainnya. Penghargaan ini juga menjadi dorongan yang luar biasa untuk saya dapat terus berkomitmen pada pengembangan ilmu pengetahuan dan kesehatan hiperbarik di Indonesia,” kata Prof. Ari Fahrial Syam.

Bersama dengan Dekan FKUI, penghargaan serupa juga diberikan kepada beberapa tokoh terkemuka lainnya di bidang kesehatan, yaitu Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI dr. A. Budi Sulistya Sp.THT-KL (K)., M.A.R.S; Kapuskesad Mayjen TNI Dr. dr. Sukirman Sp.KK., M.Kes., FINSDV., FAADV; dan Kapusdokkes Polri Irjen Pol. dr. Asep Hendradiana, Sp.An-TI., Subsp.IC(K)., M.Kes.

Selain itu penghargaan juga diberikan  kepada Dirkes Ditjen Kuathan Kemhan Marsma TNI dr. Budi S Utomo. Sp.KFR., M.A.R.S; Kalakespra dr. Saryanto Marsma TNI dr. Mukti Arja Berlian, Sp.PD., Sp.Kp., M.M; Kalakesgilut Marsma TNI Drg. Agus Sobar M. Sp,Perio; Dircab Puskesad Brigjen TNI dr. Akhmad Rusli Budi Ansyah Sp.B., M.A.R.S; Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. dr. Gufron Mukti, M.Sc., Ph.D; dan Dirjen Fasyankes Kemenkes RI dr. Azhar Jaya SH., S.K.M., M.A.R.S.

(Humas FKUI)