Dekan FKUI Bertemu Perwakilan Kedutaan Besar Republik Polandia, Bahas Peluang Kerja Sama dalam Bidang Pendidikan

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB menerima kunjungan perwakilan dari Kedutaan Besar Republik Polandia di Indonesia, Karolina Ionescu and Lukas Tambunan pada Jumat 20 Januari 2023 di Kampus FKUI Salemba, Jakarta. Pertemuan tersebut membahas berbagai peluang kerja sama dalam bidang pendidikan kedokteran yang bisa dilakukan antara FKUI dengan fakultas kedokteran yang ada di Polandia.

Turut mendampingi Dekan FKUI, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH; Manajer Kerjasama, Ventura dan Hubungan Alumni Prof. Dr. dr. Andon Hestiantoro, Sp.OG(K), MPH; dan Koordinator International Relations Office Indah Susanti, S.Hum, M.M.

Republik Polandia adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Eropa tengah dengan jumlah penduduk sekitar 38 juta jiwa. Diberitakan oleh Sinarharapan.net, data dari kekonsuleran KBRI Warsawa menyebutkan bahwa jumlah mahasiswa Indonesia di Polandia terus meningkat dari tahun ke tahun, terutama sejak tahun 2017 atau 5 tahun terakhir. Diperkirakan saat ini ada sekitar 250 orang mahasiswa Indonesia di berbagai perguruan tinggi di Polandia.

Tersedianya beasiswa menjadi salah satu faktor yang memengaruhi peningkatan tersebut, Situs web polandia.ppi.id menyebutkan ada beberapa beasiswa yang cukup populer di kalangan mahasiswa asal Indonesia yaitu beasiswa Stefen Banach, beasiswa khusus putra putri asal Provinsi Nusa Tenggara Barat, beasiswa Erasmus Erasmus+, dan beasiswa SHARE.

Usai pertemuan, para tamu dari Kedutaan Besar Republik Polandia ini diajak untuk berkeliling melihat beberapa fasilitas yang ada di lingkungan Kampus FKUI Salemba dan Gedung IMERI FKUI.

(Humas FKUI)