Dekan FKUI Angkat Sumpah 39 Lulusan Dokter Baru

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH., MMB memimpin upacara Pelantikan Lulusan Dokter Baru Batch 3 Tahun 2023. Sebanyak 39 lulusan yang terdiri atas 27 lulusan Program Kelas Reguler dan 12 lulusan dari Program Kelas Khusus Internasional diangkat sumpah oleh Dekan FKUI pada Sabtu, 4 November 2023 bertempat di Aula IMERI-FKUI, Kampus FKUI Salemba.

Dalam sambutannya Dekan menyampaikan, “Baru-baru ini, FKUI meraih dua penghargaan yang membanggakan. Yang pertama datang dari Menteri Kesehatan sebagai pengakuan FKUI sebagai penerima tugas belajar terbanyak di Indonesia. Penghargaan kedua datang dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atas prestasi FKUI dalam membangun satuan kerja yang berpredikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK) tahun 2023. Pengakuan ini semakin memotivasi kami untuk terus memberikan yang terbaik. FKUI memiliki reputasi yang kuat, dan ini akan membuka pintu kesuksesan bagi para lulusan FKUI, di mana pun mereka berkarier,” ucap Prof. Ari Fahrial Syam.

Prof. Ari juga menambahkan bahwa FKUI dengan senang hati menerima para dokter baru untuk kembali melanjutkan pendidikannya di FKUI. “Kami telah memperbarui peraturan-peraturan yang mengatur tata krama dan bahkan kami telah membuat peraturan khusus terkait perundungan. Kami sangat serius dalam menangani perundungan, dan jika ada kasus yang muncul, kami akan menindaklanjutinya. Kami menerapkan prinsip “zero tolerance” terhadap perundungan di lingkungan FKUI-RSCM,” tambah Prof. Ari.

Sementara itu, Direktur Utama RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dr. Supriyanto, SpB, FINCS, M.Kes turut memberikan sambutan mewakili rumah sakit pendidikan FKUI. Beliau mengucapkan selamat kepada para dokter baru karena sudah berada di tahap angkat sumpah dokter. Dr. Supriyanto berpesan bahwa sebagai dokter yang resmi melayani masyarakat untuk dapat bertanggung jawab dan berintegritas untuk memastikan setiap langkah keputusan klinis yang diambil miliki dampak positif bagi kesembuhan pasien.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FKUI secara khusus memberikan penghargaan kepada para peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yaitu dr. Muhammad Yusuf dari Program Kelas Reguler dengan IPK 3,91 dan dr. Sarah Kamiela Juffry, M.Res dari Program Kelas Khusus Internasional dengan IPK 3,78.

Turut diumumkan pula peserta Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) dengan nilai tertinggi pada ujian CBT yang diraih oleh dr. Muhammad Yusuf dan dr. Brigitta Cindy Lauren dengan nilai 93, sedangkan pada ujian OSCE, dr. Chrisella Annabelle dan dr. Refael Alfa Budiman memperoleh nilai tertinggi sebesar 90.38.

Upacara Pelantikan Lulusan Dokter Baru Batch 3 Tahun 2023 turut dihadiri oleh Wakil Dekan FKUI Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), M.P.H: Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Program Sarjana, Profesi Dokter, Magister dan Doktor Dr. dr. Murti Andriastuti, Sp.A(K); Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Program Dokter Spesialis dan Subspesialis Dr. dr. Em Yunir, Sp.PD-KEMD, dan para staf pengajar di lingkungan FKUI.

Selain itu, turut hadir pula Sekretaris Senat Akademik Fakultas (SAF) Dr. dr. Tiara Aninditha, Sp.S(K); Ketua Unit Penjamin Mutu Akademik (UPMA) Prof. Dr. dr. Imam Subekti, Sp.PD-KEMD; Ketua Medical Education Unit (MEU) Prof. dr. Ardi Findyartini, Ph.D; Ketua ILUNI FKUI Dr. dr. Wawan Mulyawan, Sp.BS, Subspes Neurospine, Sp.KP, AAK; Ketua Komite Koordinasi Pendidikan RSUI Dr. dr. Raden Rara Diah Handayani, Sp.P(K) serta Sekretaris IDI Wilayah DKI Jakarta Dr. Fazilet Soeprapto, MPH.

(Humas FKUI)