Bahas Potensi Kerja Sama dalam Bidang Pendidikan, Dekan FKUI Terima Kunjungan RSCEd dan KIBI   

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB menerima kunjungan delegasi dari The Royal College of Surgeons of Edinburgh (RCSEd), United Kingdom, dan Kolegium Ilmu Bedah Indonesia (KIBI) pada Selasa, 31 Januari 2023 di Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF), Kampus FKUI Salemba.

Delegasi RSECd yang hadir antara lain Lead Examiner RSCEd Dr. Stuart Clark; Representative of RCSEd di Asia Tenggara yang juga merupakan Pro Vice Chancellor Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) Prof. Dato‘ Dr. Hanafiah Harunarashid; dan International Manager of RCSEd Mrs. Shidah Abd Lah.

Sementara itu, dari KIBI hadir Ketua Kolegium Prof. Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB.Subsp.Onk.(K) KIBI dan Ketua Komisi Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri Dr. dr. Kiki Lukman, M.Sc., SpB.Subsp.B.D.(K).

Kunjungan dua organisasi ini merupakan langkah awal dari kerja sama yang akan terjalin antara Program Studi Ilmu Bedah FKUI dengan Royal College dan KIBI untuk mengevaluasi kegiatan pendidikan bagi peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Bedah di FKUI. Diharapkan kedepannya dapat dilakukan ujian dokter spesialis bedah Indonesia secara internasional bersama RCSEd.

Turut mendampingin Dekan FKUI pada kunjungan tersebut, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH; Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Program Dokter Spesialis dan Subspesialis Dr. dr. Em Yunir, Sp.PD-KEMD; Manajer Kerjasama, Ventura dan Hubungan Alumni Prof. Dr. dr. Andon Hestiantoro, Sp.OG(K), MPH; Ketua Departemen Ilmu Bedah FKUI-RSCM Dr. dr. Diani Kartini, Sp.B.Subsp.Onk(K) beserta jajaran dan para staf dari Departemen Bedah FKUI-RSCM.

The Royal College of Surgeons of Edinburgh, merupakan organisasi profesional ahli bedah tertua di dunia, didirikan pada 1505, dan saat ini memiliki kurang lebih 30.000 anggota yang berasal dari 100 negara. Organisasi ini berfokus pada Pendidikan, pelatihan, penelitian, dan keselamatan pasien khususnya dalam bidang ilmu bedah.

Dalam sambutannya Dekan FKUI menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari delegasi, “Suatu kehormatan kami dapat menerima kunjungan ini, Saya mendukung penuh kerja sama yang akan datang antara Program Studi Ilmu Bedah FKUI, Kolegium Ilmu Bedah Indonesia, dan The Royal College of Surgeons of Edinburgh. Semoga kegiatan ini akan menjadi awal dari kolaborasi yang bermanfaat dalam memperjuangkan standar praktik bedah, yang pada akhirnya memastikan bahwa kami memberikan perawatan terbaik kepada masyarakat,” tutur Prof. Ari.

Usai pertemuan, Dekan FKUI mendampingi rombongan untuk mengunjungi iMuseum IMERI FKUI dan setelahnya rombongan melanjutkan kegiatan di Program Studi Ilmu Bedah FKUI serta kunjungan ke RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo sebagai tempat pendidikan spesialis bedah FKUI.

(Humas FKUI)