5 Program Studi Spesialis-1 FKUI Raih Akreditasi Unggul

5 Program Studi Spesialis-1 (Sp-1) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) meraih akreditasi “UNGGUL” dari Lembaga Akreditas Mandiri – Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Hasil tersebut diperoleh setelah melalui proses akreditasi/penilaian dan asesmen lapangan yang dilakukan oleh para asesor dari LAM-PTKes. Predikat UNGGUL yang diraih menjadi bukti dari konsistensi FKUI dalam menjaga kualitas pendidikan di setiap program studi (prodi) yang dimiliki.

Kelima prodi Sp-1 peraih akreditasi UNGGUL tersebut adalah:

  1. Prodi Sp-1 Obstetri dan Ginekologi
    • Berdasarkan Keputusan LAM-PTKes 0283/LAM-PTKes/Akr/Spe/IV/2022
  2. Prodi Sp-1 Radiologi
    • Berdasarkan Keputusan LAM-PTKes 0273/LAM-PTKes/Akr/Spe/IV/2022
  3. Prodi Sp-1 Patologi Anatomik
    • Berdasarkan Keputusan LAM-PTKes 0284/LAM-PTKes/Akr/Spe/IV/2022
  4. Prodi Sp-1 Ilmu Bedah
    • Berdasarkan Keputusan LAM-PTKes 0286/LAM-PTKes/Akr/Spe/IV/2022
  5. Prodi Sp-1 Ilmu Penyakit Dalam
    • Berdasarkan Keputusan LAM-PTKes 0146/LAM-PTKes/Akr/Spe/II/2022

Menyambut hasil baik ini, Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB mengatakan, “Kami menyambut baik prodi-prodi FKUI yang telah berhasil mendapatkan capaian tertinggi dalam akreditasi LAM-PTKes dan meyakini prodi-prodi lain dapat mencapai capaian yang sama. Kami percaya bahwa prodi-prodi di FKUI, berbagai jenjang, dapat mempertahankan keunggulannya. Karena kami terus berinovasi dan menjaga kualitas. Melalui yang demikianlah, FKUI membuktikan kualitasnya dalam pendidikan kedokteran dan dedikasinya untuk bangsa Indonesia.”

Prof. Ari Fahrial Syam juga menegaskan bahwa sejalan dengan keputusan bersama antara Mendikbudristek RI dengan Menkes RI tentang Peningkatan Kuota Penerimaan Program Sarjana Kedokteran, Program Dokter Spesialis dan Penambahan Program Studi Dokter Spesialis melalui Sistem Kesehatan Akademik/ Academic Health System (AHS), FKUI berkomitmen untuk menambah jumlah lulusan dokter spesialis dengan meningkatkan kuota sebanyak 20%. “FKUI pun dengan tangan terbuka mendukung dan siap mengampu pembukaan prodi spesialis di universitas lain yang prodi S1-nya telah mendapatkan akreditasi unggul,” ucap Dekan FKUI.

(Humas FKUI)