14 Prodi FKUI Mendapatkan Akreditasi Unggul pada Triwulan Pertama di Tahun 2023

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) berhasil mempertahankan mutu akademik pada berbagai program studinya dengan capaian yang sangat membanggakan. Mengawali tahun 2023, tercatat 14 Program Studi Spesialis-1 (Prodi Sp1) yang telah menjalani proses akreditasi meraih predikat “UNGGUL” dari Lembaga Akreditasi Mandiri – Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). 2 prodi diantaranya, yaitu Sp1 Neurologi dan Sp1 Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher menjalani akreditasi dan hasilnya diumumkan pada akhir Desember 2022.

Sukses ini melanjutkan capaian sebelumnya dimana sebanyak 21 prodi yang terdiri dari 14 prodi Spesialis-1 (Sp1), 2 prodi Subspesialis (Sp2), 3 prodi Magister (S2), dan 2 prodi Doktor (S3) telah meraih akreditasi Unggul pada tahun 2022. Sehingga total sudah ada 35 prodi di FKUI yang terakreditasi Unggul hingga akhir Maret 2023.

Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB mengatakan, “Kami sangat bangga dan mengapresiasi pada capaian 14 prodi di FKUI yang meraih akreditasi Unggul dari LAM-PTKes. FKUI selalu berupaya menyelenggarakan pelayanan dan pendidikan secara simultan sebagai bagian dari keseluruhan proses pendidikan kedokteran. Dengan capaian ini, FKUI juga berusaha menjaga mutu pendidikan melalui peningkatan kualitas dari masing-masing bidang keilmuan prodi tersebut. Capaian ini pun sebagai bentuk kontribusi FKUI dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kami percaya dengan inovasi dan optimalisasi potensi, keunggulan setiap program studi akan terus berkembang,” kata Dekan FKUI.

Lebih lanjut Prof. Ari mengatakan bahwa proses akreditasi yang dilakukan pada setiap program studi yang ada di FKUI memiliki tujuan yang lebih besar yaitu menjaga dan menghasilkan kualitas terbaik dari sumber daya manusia bidang kedokteran dan kesehatan yang akan mengabdi kepada masyarakat.

Keberhasilan FKUI dalam memperoleh predikat Unggul pada sejumlah prodinya, tidak terlepas dari upaya keras semua pihak dalam mempertahankan mutu akademik. Semua unsur penyelenggara pendidikan mulai dari tingkat prodi, fakultas, hingga universitas yang meliputi dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan bersinergi untuk mewujudkan akademik yang bermutu sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing.

Ke-14 Prodi FKUI yang meraih akreditasi Unggul pada akhir tahun 2022 dan triwulan pertama tahun 2023 adalah:

  1. Prodi Sp1 Neurologi (Tahun 2022)
  2. Prodi Sp1 Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok, Bedah Kepala Leher (Tahun 2022)
  3. Prodi Sp1 Orthopaedi dan Traumatologi
  4. Prodi Sp1 Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik
  5. Prodi Sp1 Farmakologi Klinik
  6. Prodi Sp1 Kedokteran Okupasi
  7. Prodi Sp1 Mikrobiologi Klinik
  8. Prodi Sp1 Kedokteran Forensik dan Medikolegal
  9. Prodi Sp1 Urologi
  10. Prodi Sp1 Gizi Klinik
  11. Prodi Sp1 Ilmu Kedokteran Olahraga
  12. Prodi Sp1 Patologi Klinik
  13. Prodi Sp1 Akupunktur Medik
  14. Prodi Sp1 Onkologi Radiasi

Sementara itu, ada tiga prodi yakni Prodi Magister Kedokteran Kerja, Program Doktor Ilmu Kedokteran, dan Prodi Sp1 Parasitologi Klinik yang telah menjalani proses akreditasi pada bulan Maret dan April 2023 namun masih menunggu hasil penilaian.

“Masih ada beberapa prodi lain yang akan menjalani proses akreditasi di tahun 2023 ini, semoga hasilnya pun sama, meraih predikat Unggul,” ujar Prof. Ari Fahrial Syam.

(Humas FKUI)