10 Mahasiswa Jepang Kunjungi FKUI-RSCM

Mahasiswa Shiga University

Sebanyak sepuluh mahasiswa dari Shiga University of Medical Science (SUMS), Jepang melakukan kunjungan ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada Jumat (27/3). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka obervasi mengenai kesehatan masyarakat di Indonesia. Di FKUI, para mahasiswa tersebut mendatangi beberapa Departemen dan Unit pelayanan yang ada di rumah sakit pendidikan FKUI, RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.

Penanggung Jawab International Relations Office FKUI, Indah Susanti mengatakan bahwa kunjungan observasi ini merupakan kunjungan mereka yang pertama. “Biasanya mahasiswa dari SUMS yang datang ke FKUI adalah untuk melakukan kegiatan elective posting. Namun kali ini mereka hanya berkunjung, untuk melihat kegiatan public health di Indonesia” ujar Indah.

Sepuluh mahasiswa asal Jepang tersebut adalah mahasiswa jurusan kedokteran umum dan ilmu keperawatan di SUMS. Selama kunjungan, mereka didampingi oleh dua mahasiswa FKUI yaitu Radhian Amandito (Reguler 2010) dan Glenn Adiputera Tandian (Kelas Internasional 2008).

Natsuki Hashiba, ketua kelompok mahasiswa SUMS merasa senang berkesempatan mengunjungi FKUI-RSCM. Ia mengaku banyak mendapat pengetahuan baru yang tidak didapatkan di Jepang, khususnya pengetahuan seputar unit obstetri & ginekologi, instalasi gawat darurat dan unit kesehatan anak. Sepuluh mahasiswa ini pun merasa terkesan dengan keramahan para dokter, perawat dan staf pengajar disana. Natsuki juga menyatakan harapannya untuk bisa kembali kesini. “Jika kami bisa dapat kesempatan lagi untuk kembali kesini, akan sangat menyenangkan bagi kami untuk belajar lebih banyak lagi, atau bahkan juga ikut berbagi dengan teman-teman disini,” ujarnya.

Kunjungan ini diharapkan dapat memperluas jalinan kerjasama dan membina hubungan baik antara FKUI dengan SUMS dan dengan berbagai universitas unggulan lainnya di Jepang. Kerjasama yang terjalin tentunya akan berdampak baik bagi dunia pendidikan kedokteran di FKUI secara khusus, maupun dunia pendidikan kedokteran di Indonesia secara umum. (Mel/Dan/Die)