Bangga! 3 Dosen FKUI Masuk Daftar Top 2% Ilmuwan Terbaik Dunia Versi Stanford 2024

Tiga Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yaitu, Prof. dr. Jeanne Adiwinata, M.S., Ph.D; Prof. dr. Indah Suci Widyahening, M.S., M.Sc., CM-FM., Ph.D.; dan Prof. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro, Sp.A(K) berhasil masuk ke dalam daftar Top 2% Scientists Worldwide 2024.

Top 2% Scientist Worldwide adalah daftar tahunan yang diterbitkan oleh Stanford University, yang berisi daftar ilmuwan terbaik dari berbagai bidang di dunia berdasarkan riset dan publikasi ilmiah mereka. Stanford University dan Elsevier BV memiliki seleksi dan kriteria yang ketat untuk menentukan siapa yang berhak masuk ke dalam daftar ini. Daftar Top 2% Scientist Worldwide diterbitkan setiap tahun dan telah memasuki edisi ketujuh. Tahun ini, publikasi resmi diumumkan pada 16 September 2024.

Pemilihan dilakukan berdasarkan kriteria tertentu untuk menentukan 2% ilmuwan terbaik berdasarkan sitasi terbanyak, ketersediaan data yang terstandarisasi tentang jumlah sitasi, h-index, hm-index yang disesuaikan dengan co-authorship, serta kutipan berdasarkan posisi penulis dalam sebuah publikasi.

Berikut adalah sekilas profil dari tiga dosen tersebut:

Prof. dr. Jeanne Adiwinata, M.S., Ph.D., merupakan Guru Besar Histologi FKUI yang telah berhasil menerbitkan 125 makalah penelitian yang terdaftar di basis data SCI/Scopus. Selain itu, beliau memiliki 911 kutipan dan h-index mencapai 13, yang menjadi bukti kontribusi besar beliau dalam dunia ilmiah.

Selanjutnya, Prof. dr. Indah Suci Widyahening, M.S., M.Sc., CM-FM., Ph.D., staf pengajar Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas (IKK) FKUI, juga memiliki prestasi yang tak kalah mengesankan. Dengan 71 makalah penelitian yang terdaftar di basis data SCI/Scopus, beliau telah mengumpulkan 14.607 kutipan dan mencapai h-index 20.

Terakhir, adalah Prof. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro, Sp.A(K) yang merupakan Guru Besar FKUI yang mendalami ilmu kesehatan anak. Beliau berhasil menerbitkan 72 makalah penelitian di basis data SCI/Scopus dan memiliki  2.988 kutipan dan 19 h-Index.

Pelaksana Harian (Plh.) Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), M.P.H., menyambut baik dan memberikan apresiasi atas pencapaian tersebut. “Ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Pengumuman ini adalah bentuk apresiasi terhadap kerja keras dan dedikasi Prof. dr. Jeanne Adiwinata, Prof. dr. Indah Suci, dan Prof. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro. Prestasi mereka akan menjadi sumber inspirasi serta menjadikan FKUI sebagai institusi pendidikan yang mampu menghasilkan peneliti unggulan berkelas dunia.”

(Humas FKUI)

Mulai chat
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo 👋
Ada pertanyaan atau hal yang bisa kami bantu?

Waktu Operasional
Senin - Jumat 08.00 - 16.00 WIB
Pesan yang masuk di luar waktu operasional akan direspon pada hari kerja berikutnya.