Ardi Findyartini

dr. Ardi Findyartini, Ph.D

Kepakaran: Pendidikan Kedokteran
Departemen Pendidikan Kedokteran


Data Diri

Ardi Findyartini, dokter lulusan FKUI tahun 2002, memperoleh gelar PhD di bidang pendidikan kedokteran dari University of Melbourne pada tahun 2012. Ia mengajar di Program Pendidikan Dokter dan Program Magister Pendidikan Kedokteran, membimbing penelitian dalam pendidikan kedokteran untuk level S1-S3, menyelenggarakan workshop untuk pengembangan staf pengajar di berbagai institusi di Indonesia dan merupakan anggota komite di tingkat internasional untuk bidang pengembangan staf pengajar. Publikasi dan peran sebagai mitra bestari di jurnal dan buku tingkat nasional dan internasional bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan telah banyak dilakukan. Ardi Findyartini saat ini bertanggung jawab sebagai ketua Medical Education Unit (MEU) FKUI dan ketua kluster Center of Medical Education (MEDEC) di Indonesia Medical Education and Research Institute (IMERI) FKUI.

dr. Ardi Findyartini, Ph.D saat ini merupakan Dosen Tetap dengan jabatan fungsional Lektor Kepala.


Publikasi dan Penelitian Pilihan

Top 5 Papers by Citations (SINTA Version)

  1. How clinical reasoning is taught and learned: Cultural perspectives from the University of Melbourne and Universitas Indonesia | BMC medical education 16 (1), 1-10 | vol: | issue : | 2016
  2. Evaluation of the role of near-peer teaching in critical appraisal skills learning: a randomized crossover trial | International journal of medical education 10, 9 | vol: | issue : | 2019
  3. Indonesian medical students’ preferences associated with the intention toward rural practice | Rural and remote health 15 (4), [32]-[40] | vol: | issue : | 2015
  4. Remediating lapses in professionalism among undergraduate pre-clinical medical students in an Asian Institution: a multimodal approach | BMC Medical Education 18 (1), 1-10 | vol: | issue : | 2018
  5. Healthcare professionals’ perceptions regarding interprofessional collaborative practice in Indonesia | Journal of Interprofessional Education & Practice 15, 24-29 | vol: | issue : | 2019

  


Fokus Penelitian

  • Profesionalisme
  • Pendidikan interprofessional
  • Penalaran klinis dan pengajaran klinis
  • Pengembangan staf pengajar
  • Pengembangan kurikulum
  • Faktor sosial budaya yang mendasari pendidikan profesi kedokteran dan kesehatan

Kontak

mpdked-fk@ui.ac.id