Mahasiswa FKUI Harumkan Nama Indonesia

Fadhian Akbar, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), berhasil meraih “Best Presentation Award” pada kegiatan The 8th Summer Research Program in Tsukuba yang diselenggarakan oleh University of Tsukuba, Jepang, tanggal 17 Juli-1 Agustus 2017 lalu.

The 8th Summer Research Program in Tsukuba merupakan acara tahunan yang diikuti oleh puluhan mahasiswa lintas disiplin ilmu yang berasal dari berbagai negara di dunia. Tidak hanya mahasiswa tingkat sarjana, kegiatan ini pun banyak diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa jenjang magister dan doktor. Selama penyelenggaraan, seluruh peserta dipersilakan melakukan riset sesuai dengan ketertarikannya masing-masing. Para peserta akan mendapatkan pengalaman, bimbingan dan pelatihan penelitian di laboratorium yang tersedia di University of Tsukuba. Pada akhir program, seluruh peserta diminta untuk membuat presentasi singkat mengenai riset yang mereka kerjakan selama kegiatan.

Pada kesempatan tersebut, Fadhian mempresentasikan hasil riset ilmiahnya yang berjudul “Roles of GPNMB S546 in EMT Induction and Tumorigenesis”. Penyusunan riset ilmiah ini tak lepas dari bimbingan Prof. Mitsuyasu Kato, kepala laboratorium Experimental Pathology and Cancer Signaling, University of Tsukuba. Bersama Prof. Kato, Fadhian meneliti tentang protein Glycoprotein Non Metastatic B (GPNMB), yaitu protein yang banyak ditemukan pada membran sel kanker. Dari hasil penelitiannya didapatkan fakta bahwa hasil mutasi GPNMB dapat melemahkan aktivitas tumor sel.

Ketertarikan Fadhian pada riset mengenai kanker bermula dari banyaknya publikasi sivitas akademika FKUI mengenai kanker. Fadhian sadar betul masih banyak hal yang dapat diteliti dan diungkap dari kanker. Itu sebabnya, penelitian mengenai kanker harus terus dilakukan guna menemukan tatalaksana dan terapi terbaik di masa depan bagi para pasien kanker. Penelitian yang dilakukan oleh Fadhian pun  diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menemukan berbagai persinyalan yang terlibat pada protein GPNMB, sehingga dapat berpotensi menjadi terapi yang efektif pada pasien kanker.

Mendapat kesempatan mengikuti Summer Research Program in Tsukuba merupakan pencapaian tersendiri bagi Fadhian. Pada musim penerimaan tahun 2016, Fadhian sempat mendaftar namun tidak terpilih. Tekad bulat dan kegigihanlah yang membawa Fadhian kembali mencoba kesempatan saat Summer Research Program in Tsukuba membuka pendaftaran di tahun 2017. Kegigihan Fadhian pun membuahkan hasil. Ia terpilih untuk mengikuti The 8th Summer Research Program in Tsukuba bersama rekan-rekannya sesama mahasiswa Universitas Indonesia lainnya, yaitu Hera Afidjati (FKUI); Kevin Aristyo Gunawan (FKUI); Citra Praditi (FKUI); dan Elfira Amalia Deborah (Fakultas Farmasi UI).

Di akhir perbincangan, Fadhian berbagi tips bagi rekan-rekan mahasiswa yang ingin mengikuti program sejenis. Perbanyaklah pengalaman mengikuti konferensi ilmiah internasional dan tuangkanlah dengan menarik dalam motivation letter. “Tulis motivasi keikutsertaan kita secara spesifik dan personal ya,” ujar Fadhian. Fadhian juga menitipkan pesan bagi rekan-rekan mahasiswa untuk mulai mencintai dunia riset. “Sebagai 7 stars doctor, riset menjadi penting. Dokter yang baik, akan dilihat dari jumlah kesembuhan pasiennya dan jumlah publikasinya. Sebagai mahasiswa, kita harus mengubah pola pikir kita mengenai riset. Riset itu menyenangkan, dan sebagai mahasiswa kita punya peluang juga untuk melakukan riset,” papar Fadhian.

Prestasi yang diraih Fadhian diharapkan dapat menjadi pemacu semangat bagi sivitas akademika FKUI untuk mencetak prestasi lainnya. Kegigihan dan tekad Fadhian menjadi inspirasi, bahwa kita mampu berkarya dan berinovasi, baik di ajang nasional maupun internasional. Maju terus FKUI! (Humas FKUI)