Untuk Diet, Tidak Perlu Menghindari Nasi

#LiputanMedia

Jakarta, Gatra.com- Saat ini, terdapat beragam jenis diet. Bahkan, ada yang menganjurkan untuk mengurangi nasi. Menanggapi hal ini, Doktor Ilmu Gizi Universitas Indonesia, Febrianti memililiki pendapat berbeda.

Febrianti mengatakan, untuk menurunkan berat badan, cukup mengurangi nasi. Porsi normalnya yaitu 3-4 sendok rice cooker per hari.

” Mengurangi nasi itu saya setuju. Kalau lebih dan kurang dari itu bisa bahaya. Harus ada nasi sebagai sumber energi dan protein. Namun, perlu dibatasi,”katanya saat ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Selasa ( 7/01/2020).

Ia memaparkan, kesalahan masyarakat Indonesia yaitu makan nasi dalam porsi besar dengan lauk beragam. Apalagi tidak diimbangi konsumsi buah dan sayur.

Doktor FK UI ini kemudian mengaitkan pola makan dengan faktor risiko diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang muncul melalui proses panjang. Terlebih saat masyarakat memiliki pola makan rendah sayur dan buah.

“Ini kemudian menimbulkan tidak ada efek nasi plus lauk. Demand insulin bisa diturunkan melalui serat dari sayur dan buah. Sumber serat lain seperti nasi merah,”tuturnya.

Sumber berita: https://www.gatra.com/…/untuk-diet-tidak-perlu-menghindari-…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *