UI Sumbangkan Ventilator Covent-20 Karyanya kepada BNPB

#Liputanmedia

Jakarta, Gatra.com – Universitas Indonesia (UI) menyerahkan bantuan Covent-20, vetilator buatan UI untuk pasien coronavirus disease 2019 (Covid)-19 kepada Badan Penanggulangan Bencana (BNPB).

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, PhD, secara simbolis menyerahkan ventilator karya Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran UI tersebut kepada Kepala BNPB, Doni Monardo di kantor BNPB, Jakarta, Rabu (24/6).

Ari mengatakan, untuk tahap pertama, pihaknya memproduksi sebanyak 300 unit Coven-20. Ventilator tersebut nantinya akan disumbangkan ke sejumlah rumah sakit di Tanah Air. Sebanyak100 unit di antaranya, disumbangkan oleh kelompok usaha Adaro.

Semetara itu, Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI), Saleh Husin, yang juga hadir dalam acara tersebut, mengharapkan kelompok usaha swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa membantu menyebarkan ventilator karya anak bangsa.

“Saat ini, ventilator sangat dibutuhkan rumah sakit bagi para penderita Covid-19 dengan harga yang sangat murah dan terjangkau. Dan dengan sendirinya kita mengurangi importasi dan penghematan devisa,” ujar Saleh Husin.

Acara penyerahan ventilator Covent-20 tersebut juga dihadiri Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro; Wakil Rektor UI, Abdul Haris; Dekan Fakultas Kedokteran UI, Arie Fahrial Syam; dan Dekan Fakultas Teknik UI, Hendri Budianto.

 

Sumber berita: https://www.gatra.com/…/ui-sumbangkan-ventilator-converter-…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *