Info FKUIUncategorized

Tips agar Kamu Tidak Menularkan Covid-19 pada Anak di Rumah

#Liputanmedia

Jakarta: Walaupun anak sudah anteng di rumah, namun risiko terpapar Covid-19 selalu ada. Ini karena orang tua sesekali masih keluar untuk keperluan mendesak.
Menurut dr. Yogi Prawira, Sp.A(K), Konsultan Emergenis dan Rawat Intensif Anak FKUI-RSCM dan Ketua Satgas Covid-19 IDAI, 90 persen anak yang terinfeksi Covid-19 mendapatkan virus itu dari orang dewasa.
“Sampai pada minggu lalu sekitar 8.000 anak yang terkonfirmasi. Setelah ditelusuri, index case-nya, artinya 90 persen anak (terkena covid-19) tertular dari orang dewasa yang tinggal serumah,” jelasnya dalam Live Ngobrol Asik Medcom.id di Instagram.
Salah satu cara untuk mencegah penularan virus covid-19 yaitu dengan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selain itu kamu juga dapat mengurangi risiko penularan covid-19 dengan:
Membersihkan diri
“Pada saat kembali, misalnya saya sendiri habis dari rumah sakit, pastikan saya disiplin mengerjakan itu semua (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak inimal 1,8 meter). Kemudian setelah selesai berkontakan dengan pasien Covid atau suspek, saya akan mandi,” ujarnya.
Meninggalkan atau menempatkan barang tertentu
Lihatlah barang-barang yang kemungkinan banyak Anda pegang sewaktu di luar. Tinggalkan atau simpanlah barang itu di tempat yang aman.
“Baju yang saya pakai itu saya tinggalkan di rumah sakit. Jadi saya datang ke rumah dengan pakaian berbeda,” jelasnya.
“Dan benda-benda yang seringkali kita tidak sadar pegang, jadi tempat virus ada misalnya handphone, bollpoint, kartu akses, sepatu, saya tinggalkan di depan rumah,” lanjutnya.
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.
Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.