Info FKUIUncategorized

Perlukah Konsumsi Suplemen Vitamin D jika Sudah Rutin Berjemur?

#Liputanmedia

PADA masa pandemi Covid-19, banyak orang rutin berjemur setiap pagi untuk mendapatkan vitamin D. Nah, ketika Anda rutin berjemur perlukah mengonsumsi suplemen vitamin D tambahan?

Pada dasarnya, menjaga tubuh tetap fit di tengah pandemi menjadi salah satu kunci kebal Covid-19. Untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat, bukan hanya olahraga tapi Anda mesti mengatur asupan makanan dan memastikan vitamin tercukupi per harinya, termasuk vitamin D.

Lalu, seberapa penting asupan vitamin D diperlukan untuk tubuh? Dikatakan dr Adityo Susilo, SpPD-KPTI, Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi, Departemen Penyakit Dalam FKUI.RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo, jika dirasa perlu, konsumsi suplemen penunjang daya tahan tubuh boleh ditambahkan.

“Masyarakat dituntut untuk selalu sehat sampai vaksin Covid-19 ditemukan. Hal yang dapat dilakukan di antaranya memperhatikan dan menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, cukup istirahat, rajin berjemur, dan jika diperlukan konsumsi suplemen penunjang daya tahan tubuh,” katanya saat Webinar Media Vitamin D3 Series yang diselenggarakan Kalbe Farma, Kamis (9/7/2020).

Selain itu, semua harus menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. Antara lain pakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak aman perlu dilakukan dengan disiplin.

Sementara itu, menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Medistra dr Cindiawaty Pudjiadi, MARS, SpGK, bagi Anda yang sudah rutin berjemur, lanjutkan kebiasaan tersebut. Berjemur itu baik untuk melengkapi kecukupan vitamin D.

Menurutnya, dengan rutin berjemur Anda bisa memperoleh vitamin D yang diproduksi di kulit. Sehingga dapat membantu mencegah penularan infeksi Covid-19.

“Vitamin D merupakan salah satu vitamin larut lemak yang berperan dalam sejumlah fungsi penting untuk mempertahankan kesehatan dan mencegah penyakit, termasuk penyakit infeksi karena virus,” papar dr Cindiawaty.

Vitamin D yang selama ini kita tahu bermanfaat untuk tulang, ternyata menyimpan manfaat lain yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Ya, vitamin D itu baik juga untuk menjaga fungsi saraf dan otot, kardiovaskular, pernapasan, dan sistem imun tubuh. Makanya vitamin D penting untuk tercukupi setiap harinya.

 

Sumber berita: https://lifestyle.okezone.com/…/perlukah-konsumsi-suplemen-…