Kemeriahan Sharing Session Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2023 Persembahan KSDGI dan Perdoski

Pada hari Minggu, 21 Mei 2023 menjadi hari yang istimewa dengan diadakannya acara Sharing Session Hari Lanjut Usia Nasional dilaksanakan pada jam 08.00 – 11.00 WIB melalui Platform: Zoomlive yang merupakan bagian dari kerjasama antara PERDOSKI dengan Kelompok Studi Dermatologi Geriatri Indonesia (KSDGI) dan didukung oleh Unicharm, Galderma serta Bank Syariah Indonesia (BSI).

Acara ini menghadirkan pembicara:

  1. Dr. dr. Lili Legiawati, SpKK,Subsp. D.K.E., FINSDV, FAADV
    “Peran Moisturizer pada Kulit Kering Lansia”
  2. dr. Rinadewi Astriningrum, SpKK,Subsp. D.A., FINSDV
    “Pencegahan Pressure Injury dengan Perawatan Kulit Area Popok yang Tepat untuk Lansia”

Acara dilanjutkan dengan pemaparan 6 laporan kasus menarik dari peserta program pendidikan dokter spesialis Dermatologi dan Venereologi dari berbagai PPDS di Indonesia, peserta PPDS FKUI membawakan kasus dengan topik sebagai berikut:

  1. Dilema Diagnostik Papuloerythroderma of Ofuji Seorang Laki-Laki Lanjut Usia dengan Artritis
    oleh dr. Farah Asyuri Yasmin (Universitas Indonesia)
  2. Dermatitis Kontak Iritan Sebagai Faktor Penyulit Diagnosis pada Tata Laksana Efek Samping Kulit Akibat Kemoterapi
    oleh dr. IGA Mirah Kusumaningrat (Universitas Indonesia)
  3. Menjelajahi Variasi Klinis Serial Kasus Herpes Zoster Trigeminal pada Lanjut Usia
    oleh dr. Melissa Halim (Universitas Indonesia)
  4. Porokeratosis Aktinik Superfisial Diseminata pada Lansia dengan Kanker Prostat dalam Terapi Deprivasi Androgen: Suatu Koeksistensi atau Asosiasi?
    oleh dr. Paulus Anthony Halim (Universitas Indonesia)

Presentasi Laporan Kasus Menarik tersebut dipandu oleh Dr. dr. Yuli Kurniawati, SpKK(K), FINSDV FAADV sebagai moderator dan jajaran panelis Dr. dr. Damayanti, SpKK(K), FINSDV FAADV, dr. Eddy Karta, SpKK, PhD, FINSDV FAADV dan dr. Fajar Waskito, SpKK(K), FINSDV FAADV.

Kemeriahan acara Sharing Session Hari Lanjut Usia Nasional mencapai puncaknya pada pengumuman pemenang presentasi laporan kasus menarik. Pengumuman pemenang dengan hasil sebagai berikut:

  • Juara I: dr. Farah Asyuri Yasmin dengan judul “Dilema Diagnostik Papuloerythroderma of Ofuji Seorang Laki-Laki Lanjut Usia dengan Artritis”
  • Juara II: dr. Paulus Anthony Halim dengan judul “Porokeratosis Aktinik Superfisial Diseminata pada Lansia dengan Kanker Prostat dalam Terapi Deprivasi Androgen: Suatu Koeksistensi atau Asosiasi?”
  • Juara Harapan I: dr. IGA Mirah Kusumaningrat dengan judul “Dermatitis Kontak Iritan Sebagai Faktor Penyulit Diagnosis pada Tata Laksana Efek Samping Kulit Akibat Kemoterapi”
  • Juara Harapan II: dr. Melissa Halim dengan judul “Menjelajahi Variasi Klinis Serial Kasus Herpes Zoster Trigeminal pada Lanjut Usia”

    Selamat kepada para pemenang!

Dengan diperingatinya Hari Lanjut Usia Nasional ini diharapkan minat dan pengetahuan dokter dan tenaga medis dapat meningkat sehingga dapat memberikan manfaat terbaik bagi kesehatan kulit dan kelamin lansia di Indonesia.

Leave a Reply