Ujian Terbuka Promosi Doktor untuk dr. Eliza Miranda, SpKK(K)

Ujian terbuka promosi Doktor untuk dr. Eliza Miranda, SpKK(K) telah berlangsung pada 6 Juli 2022 dengan judul disertasi: “Pengaruh Krim LL-37 Terhadap Kecepatan Penyembuhan Luka pada Ulkus Kaki Diabetik Derajat Ringan: Telaah Terhadap IL-1α, TNF- α, dan Pola Kolonisasi Bakteri Aerob”. Disertasi tersebut memberikan manfaat pada aspek pelayanan, pendidikan dan penelitian mengenai terapi topikal alternatif pada Ulkus Kaki Diabetik (UKD) terhadap kecepatan penyembuhan UKD mengingat permasalahan kelainan kulit pada pasien diabetes melitus apabila terabaikan akan dapat berakhir dengan amputasi. 

Hasil disertasi ini mendapatkan bentuk sediaan krim LL-37 yang stabil pada suhu 4°C dan 28°C. Penelitian ini merupakan penelitian pertama yg mengukur kadar pasti LL-37 pada UKD dengan didapatkan kadar LL-37 yang rendah yaitu 1,07 (0,37-4,96) ng/mg protein dibandingkan pada kelompok terapi standar didapatkan 1,11 (0,24-2,09) ng/mg protein. Pemberian terapi topikal LL-37 pada penelitian ini terbukti bermakna dapat mempercepat penyembuhan UKD derajat ringan dengan meningkatkan indeks granulasi meskipun hipotesis mekanisme kerja LL-37 dalam percepatan kesembuhan melalui penekanan sitokin proinflamasi dikatakan tidak terbukti namun hal ini dapat menjadi usulan penelitian lanjutan dan diharapkan dapat berlanjut hingga proses produksi dan nantinya dapat masuk formula nasional. 

Disertasi ini merupakan uji klinis pertama menggunakan krim LL-37 (katelisidin) yang telah didaftarkan pada Database Clinical Trial US National Library of Medicine dan mendapat respons positif dari luar negeri salah satunya dari suatu pusat tata laksana ulkus diabetes melitus di California yang ingin bergabung dalam penelitian ini. 

Sidang Terbuka Promosi Doktor Universitas Indonesia tersebut berjalan dengan baik dengan tim penguji sebagai berikut:

  • Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM sebagai ketua sidang.
  • Prof. dr. Kusmarinah Bramono, SpKK(K), PhD, sebagai Promotor
  • Dr. dr. Em Yunir, SpPD-KEMD sebagai Ko-promotor I
  • Dr. dr. Mirta H. Reksodiputro, Sp.T.H.T.K.L.(K) sebagai Ko-promotor II
  • Prof. Dr. dr. Suhendro, Sp.PD-KPTI sebagai ketua penguji
  • Prof.Dr.dr.Iris Rengganis, SpPD-KAI sebagai penguji
  • dr. Alida Roswita Harahap, Sp.PK(K), PhD sebagai penguji
  • Decy Subekti, PhD sebagai penguji
  • Prof. Dr. Drs. Hayun, M.Si, Apt sebagai penguji
  • Prof. Dr. dr. Oki Suwarsa, Sp.KK(K), M.Kes sebagai penguji

Acara tersebut juga dihadiri tamu undangan secara daring dan luring dengan turut mengundang keluarga dan kerabat dekat, serta tamu kehormatan Mayor Jenderal TNI (Purn) Syamsir Siregar selaku Kepala Badan Intelijen Negara Periode 2004-2009, dr. Aryani Sudharmono, SpKK(K) selaku Direktur Senopati Skin Center, dan Dr. dr. Sandra Widaty, SpKK(K) selaku Ketua KDVI, serta kolega dari Staf Pengajar DV FKUI-RSCM, dan Staf RS Jejaring. 

Selamat kepada Dr. dr. Eliza Miranda, SpKK(K) atas diraihnya gelar Doktor Ilmu Kedokteran. Semoga selalu sukses dan ilmunya dapat terus bermanfaat untuk orang banyak dan selalu menjadi sosok inspiratif bagi kita semua. Ujian Promosi Doktor ini dapat ditonton kembali melalui kanal Youtube Medicine UI.

WhatsApp Image 2022-07-08 at 11.19.35 AM
WhatsApp Image 2022-07-08 at 11.19.35 AM (1)
Screenshot (613)
WhatsApp Image 2022-07-08 at 11.26.54 AM (1)
WhatsApp Image 2022-07-08 at 11.20.01 AM
WhatsApp Image 2022-07-08 at 11.26.54 AM (2)

Leave a Reply