Promosi Doktor Dr. dr. Endi Novianto, SpKK(K)

Promosi Doktor dr. Endi Novianto, SpKK(K)

Ujian terbuka promosi Doktor untuk dr. Endi Novianto, SpKK(K) telah berlangsung pada 3 Januari 2022 dengan judul disertasi: “Efektivitas penambahan simetidin pada pengobatan dermatitis atopik ekstrinsik-akut: kajian terhadap kadar serum imunoglobulin E, interferon-γ, interleukin-12, dan interleukin-4”.

Disertasi tersebut memberikan manfaat pada aspek pendidikan, aspek pelayanan dan perkembangan ilmu pengetahuan mengenai peran simetidin pada pengobatan DA ekstrinsik-akut sebagai pilihan pengobatan sistemik baru dan menjadikan referensi baru untuk pedoman tata laksana DA ekstrinsik-akut. Hasil dari disertasi tersebut mendapatkan bahwa penambahan simetidin pada terapi standar DA ekstrinsik-akut lebih baik dalam menurunkan keparahan klinis (termasuk keluhan gatal), menurunkan keparahan klinis objektif serta lebih baik dalam menurunkan kadar IgE. 

Sidang Terbuka Promosi Doktor Universitas Indonesia tersebut dibuka oleh Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM sebagai ketua sidang. Promotor yaitu Prof. Dr. dr. Rustarti Retno Widowati Soebaryo, SpKK(K), kemudian Dr. dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb, Sp.KK(K) sebagai Ko-promotor I dan Dr. dr. Wresti Indriatmi, SpKK(K), M.Epid sebagai Ko-promotor II. Tim penguji terdiri dari Prof. Dr. dr. Suhendro, Sp.PD-KPTI sebagai ketua penguji, dan anggota penguji terdiri dari: Prof. Dr. dr. Rianto Setiabudy, Sp.FK; Prof. dr. Rahajuningsih Dharma Setiabudy, Sp.PK(K),DSc; Prof. Dr. dr. Murdani Abdullah, Sp.PD-KGEH; Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI; Prof. Dr. dr. Oki Suwarsa, Sp.KK(K), M.Kes. 

Acara tersebut juga dihadiri tamu undangan secara daring dan luring dengan turut mengundang keluarga dan kerabat dekat, serta kolega dari Staf Pengajar DV FKUI-RSCM, Staf RS Jejaring, dan CEO ZAP Bpk. Fadly Sahab.

Selamat kepada Dr. dr. Endi Novianto, SpKK(K) atas diraihnya gelar Doktor Ilmu Kedokteran. Semoga ilmunya terus bermanfaat untuk orang banyak dan selalu menjadi sosok inspiratif bagi kita semua.








Leave a Reply