Info FKUIUncategorized

CEK FAKTA: Hoaks Oleskan Kunyit ke Kuku Bisa Deteksi Masalah Pencernaan

#Liputanmedia

Merdeka.com – Beredar informasi mengoleskan kunyit pada kuku jari bisa mendeteksi masalah pencernaan. Dalam unggahan di media sosial, untuk mengetahui pencernaan sehat atau tidak, oleskan beberapa kali kunyit di kuku kemudian bersihkan.
Jika hilang warna kuningnya dari kuku berarti ada masalah dalam pencernaan. Berikut narasinya:
Cek Pencernaanmu Sehat/tidak?
Oleskan beberapa kali kunyit di kukumu Lalu coba bersihkan!
Jika hilang warna kuningnya dari kukumu berarti pencernaanmu bermasalah.
Jika tetap kuning kukumu setelah dibersihkan, insyaAllah pencernaanmu sehat
@zaidulakbar@la_frella2005
“MasyaaAllah.. Bisa dicoba ini tipsnya
Gallery SEHAT
Sekalian Mimin Gallery SEHAT mau ucapin Selamat Tahun Baru Hijriah 1442 semoga tahun ini kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi..
aamiin
Baarakallahu fiikum..
Penelusuran
Hasil penelusuran deteksi masalah pencernaan dengan mengoleskan kunyit ke kuku, dilansir dari Liputan6.com, dokter spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP mengungkapkan, kuku menguning karena kunyit tidak menandakan permasalahan pencernaan.
“Itu kabar hoaks,” tutur dr Ari kepada Liputan6.com, Jumat (2/10/2020).
Penelusuran selanjutnya dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci “mengolesi kunyit di kuku dan permasalahan pencernaan”.
Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai kuku yang bisa mendeteksi penyakit pada tubuh. Adalah artikel berjudul “Coba Cek Kukumu, Kalau Ada Perubahan Ini Tandanya Ada yang Nggak Beres” yang dimuat situs detik.com pada 26 Juli 2018 lalu.
Jakarta – Beberapa organ tubuh kita bisa memperlihatkan adanya masalah yang terjadi di tubuh, salah satunya kuku. Ternyata kuku sangat erat kaitannya dengan seberapa baik fungsi tubuh.
“Untuk populasi umum, kesehatan kuku paling sering merupakan indikator asupan gizi yang buruk atau pencernaan yang buruk,” kata dr Sara Norris, dokter naturopati dari di Los Angeles dikutip dari Health Line.
Kuku yang dianggap sehat adalah kuku yang halus tanpa perubahan warna, tetapi jika ada sesuatu yang salah dengan tekstur dan warna kukumu, bisa saja terjadi masalah pada tubuh.
1. Kuning
Biasanya kuku bisa berubah menjadi warna kuning, tapi bukan karena kunyit ya. Percaya atau tidak, kuku yang berubah menjadi kuning bisa jadi merupakan indikasi adanya infeksi atau reaksi pada produk yang digunakan, misalnya cat kuku.
Agar infeksi tidak semakin parah, sebaiknya minum multivitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
2. Garis-garis hitam
Kadang di kuku muncul garis-garis hitam yang kita tidak tahu dari mana asalnya. Penyebabnya mungkin adalah trauma di kuku yang mungkin disebabkan adanya benturan dengan keras yang tidak kita sadari. Garis-garis hitam itu adalah hasil dari peradangan pembuluh darah di bawah kuku dan akan hilang dengan sendirinya seiring waktu.
3. Bintik-bintik putih
Siapa yang masih percaya kalau ada bintik putih di kuku tangan kanan tandanya ada yang suka kita? Atau kuku tangan kiri tandanya ada yang benci kita. Itu hanya hoax belaka.
Padahal bintik-bintik putih itu menandakan bahwa tubuh kekurangan zat seng. Namun ada kemungkinan lain yang bisa ditandai dengan bintik-bintik putih di kuku, yaitu reaksi alergi, infeksi, atau cedera pada kuku.
4. Tidak ada kuku putih di ujung
Hampir semua orang di bagian ujung kuku yang tidak menempel dengan daging itu berwarna putih. Nah kalau kamu tidak menemukannya di ujung kukumu pun sebenarnya tidak masalah.
Tapi, jika sebelumnya ada namun perlahan-lahan menghilang, berarti ada yang tidak beres. Mungkin saja disebabkan karena adanya malnutrisi, depresi, atau anemia.
Kesimpulan
Mengoleskan kunyit ke kuku bisa mendeteksi masalah pencernaan adalah tidak benar. Seperti yang diungkapkan, dokter spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, kuku menguning karena kunyit tidak menandakan permasalahan pencernaan.
Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]