Penelitian Penyakit Kusta di Kota Ambon

Pada tanggal 5-8 Agustus 2024, telah dilaksanakan kegiatan Penelitian Berbasis Genetik Terkait Kusta dalam Program Hibah Universitas Indonesia di Ambon, Maluku.

Staf pengajar Divisi Infeksi dan Tropik, Departemen Dermatologi dan Venereologi FKUI-RSCM turut mengikuti kegiatan tersebut:
1. Prof. Dr. dr. Sri Linuwih Susetyo Wardhani Menaldi, Sp.D.V.E., Subsp.D.T. (Ketua Pengusul Hibah)
2. dr. Mufqi H. Priyanto, Sp.D.V.E. (Tim Peniliti)
3. dr. Emiliana Kartika (Asisten Penelitian)

Kegiatan ini bekerjasama dengan Departemen Dermatologi dan Venereologi FK Universitas Pattimura Ambon- RSUP Dr. Leimena yaitu dr. Hanny Tanasal, Sp.D.V.E., dr. Rita Sugiono Tanamal, Sp.D.V.E., Dr. dr. Fitri Kadarsih Bandjar, Sp.D.V.E., dr. Amanda Gracia Manuputty, Med. Klin., Sp.D.V.E., serta dr. Iline Michaela, dan RSUD dr. M. Haulussy Ambon sebagai mitra kerjasama penelitian ini.

Kegiatan penelitian ini dilakukan  selama 2 hari di Puskesmas Benteng dan Puskesmas Pola dengan mengambil 60 subjek  di Kota Ambon. Proses pengambilan data meliputi wawancara klinis, pemeriksaan fisik, serta pengambilan spesimen untuk dianalisis lebih lanjut.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini kolaborasi antar institusi pendidikan diharapkan dapat menghasilkan luaran berbasis bukti ilmiah yang mendukung pengembangan tata laksana medikamentosa yang lebih aman bagi pasien kusta, demi tercapainya eliminasi kusta di Indonesia.

Related Posts

Leave a Reply