Departemen Dermatologi dan Venereologi FKUI-RSCM menerima 2 mahasiswa dari Erasmus University Medical Center Rotterdam, Belanda

Pada tanggal 23-25 Oktober 2023, Departemen Dermatologi dan Venereologi FKUI-RSCM menerima 2 mahasiswa dari Erasmus University Medical Center Rotterdam, Belanda sebagai bagian dari program Minor Global Health 2023 yang berlangsung dari tanggal 25 September sampai dengan 3 November 2023.

Program ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Erasmus University Medical Center (Erasmus MC) dengan fokus pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang kedokteran, khususnya dalam kaitannya dengan kesehatan global. Setelah mengikuti modul ini, mahasiswa Erasmus MC diharapkan dapat memahami kondisi dan tantangan masalah kesehatan di Indonesia dan menganalisis perbedaan kondisi dan penanganan masalah kesehatan antara Indonesia dan Belanda.

Selama tiga hari di Departemen Dermatologi dan Venereologi FKUI-RSCM, mahasiswa Erasmus MC terlibat dalam berbagai kegiatan pembelajaran intensif yang telah dirancang secara paripurna, meliputi observasi di ruang Poliklinik Divisi Dermatologi Infeksi Tropis dan Laboratorium Poliklinik Dermatologi dan Venereologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), serta diskusi kasus interaktif yang didahului oleh pembekalan berupa kuliah interaktif dengan topik sebagai berikut:

  • Immunopathogenesis and the Stigma of Leprosy oleh dr. Salma Oktaria, Sp.D.V.E.
  • Clinical Manifestation and Diagnosis of Leprosy oleh dr. Melani Marissa, Sp.D.V.E., Subsp.D.T.
  • Mycobacterium leprae Infection: Prophylaxis, Treatment, Prevention of Disabilities oleh dr. Mufqi H. Priyanto, Sp.D.V.E.
  • Cutaneous Tuberculosis oleh Dr. dr. Eliza Miranda, Sp.D.V.E., Subsp.D.T.

Program Global Health yang diselenggarakan dari tahun ke tahun ini tidak hanya akan meningkatkan pengetahuan mahasiswa Erasmus University Medical Center mengenai permasalahan kesehatan di Indonesia, tetapi juga memperdalam kerja sama yang bersinambungan antara kedua institusi pendidikan.

Related Posts

Leave a Reply