Tim KATAMATAKU FKUI-RSCM melaksanakan Program Sehat untuk Pasien Kusta di Kota Ambon

Tim KATAMATAKU FKUI-RSCM mengadakan pengabdian masyarakat pada tanggal 9-11 Maret 2023, di Kota Ambon.

Kegiatan ini bertujuan membantu tercapainya eliminasi kusta di Indonesia pada setiap Kabupaten/Kota di tahun 2030. Provinsi Maluku termasuk Kota Ambon merupakan satu dari enam provinsi di Indonesia yang belum mencapai eliminisasi kusta. Berdasarkan data dari Kemenkes yang di publikasikan pada awal tahun 2022, prevalensi kasus kusta di Maluku mencapai 2,08 per 10.000 penduduk.

Tim KATAMATAKU (Identifikasi Tanda-tanda Mata, Ekstremitas, Kulit pada kusta) bekerjasama dengan Universitas Pattimura untuk melakukan pengabdian masyarakat di Kota Ambon. Kegiatan tersebut dilakukan oleh tim dokter spesialis dermatologi & venereologi (DV), spesialis mata, spesialis THT-KL, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah plastik dan rekonstruksi estetik dan Tim Antistigma dari Fakultas Psikologi, FKM dan FISIP Universitas Indonesia.

Kegiatan tersebut berlangsung 3 hari, Tim DV FKUI-RSCM bekerjasama dengan Tim DV dari FK Universitas Pattimura, FK Universitas Brawijaya, FK Udayana, dan FK Universitas Sam Ratulangi.

Hari 1, tanggal 9 Maret 2023
Lokasi: SDK Waimahu 1 dan Gedung Muhabeth, Desa Latuhalat, Kota Ambon
kegiatan tersebut antara lain
• Edukasi Deteksi Dini Kusta untuk Masyarakat oleh dr. Melani Marissa, SpKK, Subsp. D. T.
• Pemeriksaan Kesehatan Kulit untuk masyarakat di Negeri Latuhalat oleh seluruh tim Spesialis DV dari FK Universitas Indonesia, FK Universitas Pattimura, FK Universitas Brawijaya, FK Udayana dan FK Universitas Sam Ratulangi.
• Edukasi tentang penyakit kusta pada siswa SD. Dilaksanakan oleh tim anti stigma Katamataku bersama sejawat SpKK yg tergabung dalam KSDSI (Kelompok Studi Dermatologi Sosial Indonesia).

Hari 2&3, tanggal 10-11 Maret 2023
Lokasi: FK Universitas Pattimura, Kota Ambon

kegiatan tersebut antara lain
• Diskusi/Tutorial Pemeriksan Penunjang Slit Skin Smear untuk SpDV, dokter umum, laboran, dan mahasiswa FK Universitas Pattimura oleh Dr. dr. Sri Linuwih SW Menaldi, SpKK, Subsp. D. T. dan dr. Melani Marissa, SpKK, Subsp. D.T.

•Diskusi Kasus Sulit oleh Dr. dr. Sri Linuwih SW Menaldi, SpKK, Subsp. D.T. dan dr. Melani Marissa, SpKK, Subsp. D.T. dan Tim dokter spesialis DV dari FK Universitas Pattimura

• Pemeriksaan Kesehatan untuk Pasien MH (Morbus Hansen)/ Kusta dan OYPMK (orang yang pernah menderita kusta) di Kota Ambon oleh seluruh anggota tim.

Selain itu beberapa peserta PPDS DV FKUI-RSCM ikut serta acara tersebut yaitu dr. Khalishaturrahmi Nasution dan dr. Lelania Ishak, serta dokter magang dari Divisi Dermatologi Infeksi Tropis yaitu dr. Emiliana Kartika.

Semoga dengan diadakannya pengabdian masyarakat ini, pasien yang mengidap kusta dapat melaksanakan kualitas hidup yang lebih baik dan tidak ada lagi stigma terhadap penyakit kusta oleh masyarakat.

Related Posts

Leave a Reply