Kolaborasi KATAMATAKU Universitas Indonesia dengan Sekolah Dasar Gemala Ananda: Diskusi Menghilangkan Stigma Penyakit Kusta dalam Masyarakat

Edukasi kepada masyarakat untuk menghilangkan stigma tentang penyakit kusta secara strategis dapat dimulai dari siswa sekolah dasar. Sekolah Gemala Ananda dan KATAMATAKU Universitas Indonesia telah berkolaborasi dalam bentuk proyek akhir semester bagi siswa kelas IV dengan melaksanakan diskusi bersama narasumber KATAMATAKU Universitas Indonesia pada hari Senin, 30 Mei 2022. Diskusi tersebut mengundang dua narasumber yaitu dr. Melani Marissa, SpKK(K) yang merupakan staf KSM Dermatologi dan Venereologi FKUI-RSCM dengan membawakan topik “Mengenal Penyakit Kusta”. Narasumber kedua yaitu Adhityawarman Menaldi, M.Psi., Psikolog dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dengan topik “Bersama Penyandang Kusta, Apa Peran Kita?”, dengan moderator diskusi ini adalah Ika Nur Setia Wati, S.Pd.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman siswa mengenai penyakit kusta dan dampaknya pada penderita, penyintas, dan keluarganya agar dapat meningkatkan sikap welas asih siswa, serta diharapkan siswa dapat melakukan inisiatif nyata dan sederhana dalam ikut memecahkan persoalan stigma penyakit kusta dalam masyarakat dengan membuat proyek kampanye sederhana kepada teman dan keluarga. Kegiatan berlangsung sukses dengan antusiasme yang tinggi dari para siswa dalam diskusi ini. Semoga diskusi ini memberikan manfaat yang baik dan dapat menjadi role model dalam edukasi stigma tentang penyakit kusta kepada masyarakat.

Related Posts

Leave a Reply